Terakreditasi A

Perpustakaan Nasional RI

Turunkan Hasil Turnitin dengan Empat Parafrase AI

Facebook
Twitter
LinkedIn

Pasti teman perpus sudah tidak asing lagi dengan kata “paraphrase” kan? Yups!

Parafrasa sebagai istilah yang berasal dari bahasa Latin “paraphrase“ ataupun bahasa Yunani (Paraphrasein), dengan arti yang sama yaitu “Cara Ekspresi Tambahan”. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), parafrasa ataupun parafrase adalah pengungkapan kembali pada suatu tuturan dari sebuah tingkatan ataupun beragam bahasa menjadi tuturan lain tanpa mengubah pengertian aslinya.

Parafrase ini dinilai penting dalam menulis akademik dan penelitian, karena dapat membantu menghindari plagiat serta menghasilkan tulisan yang lebih orisinal dan bervariasi. Parafrase juga membantu dalam memahami dan merangkum teks yang kompleks.

Namun, sering kali mahasiswa merasa kesulitan dalam melakukan paraphrase. Kesulitan yang sering dialami mahasiswa  seperti kesulitan untuk mencari sinonimnya, bingung mengolah kalimat dengan benar, ataupun takut kalau makna dari kalimat tersebut terlampau jauh.

Dengan kemajuan teknologi yang semakin berkembang, kini telah hadir berbagai AI (Artificial Intellegence)  yang dapat membantu teman perpus dalam melakukan paraphrase dengan mudah dan cepat. Ada berbagai tools AI yang dapat membantu teman perpus dalam memparafrase, antara lain:

  1. Quillbot
    QuillBot (https://quillbot.com) adalah alat parafrase dan penulisan bertenaga AI yang menggunakan teknologi Natural Language Processing (NLP). Tool ini berfungsi untuk menulis ulang, mengedit, dan mengubah kalimat dalam narasi teks dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Teman perpus bisa melakukan parafrase secara otomatis secara online dan dapat menyediakan kata-kata alternatif lainnya, sehingga kamu dapat mengedit kalimat sesuai keinginan. Quillbot menyediakan akses gratis dan berbayar (Premium). Kini Perpustakan UMY telah menyediakan akun Quillbot Premium yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh civitas akademika UMY secara gratis. Untuk mendapatkan akun Quillbot Premium, teman perpus bisa login melalui link library.umy.ac.id/login.
  2. Paraphraser.io
    Alat parafrase yang satu ini (https://www.paraphraser.io ) juga berbasis Artificial Intelligence (AI) yang dikembangkan menggunakan teknologi mutakhir. Paraphraser.io menggunakan algoritme AI terbaru untuk menyusun ulang konten dengan cara yang terasa alami bagi manusia. Teman perpus juga dapat menggunakan tool ini secara gratis dan mudah digunakan. Dalam menggunakan tool ini teman perpus dapat langsung mengetikkan kalimat di kotak yang tersedia atau mengunggah file dalam bentuk PDF atau DOCX.
  3. Zero GPT
    Selain mampu mendeteksi teks/tulisan buatan AI secara akurat, Zero GPT (www.zerogpt.com/paraphraser ) juga dapat membantu melakukan paraphrase teks apa pun secara instan dengan akurasi tinggi dan tetap mempertahankan makna aslinya. Teman perpus juga dapat memilih tone pada hasil paraphrase, seperti bahasa formal, informal, academic, fluent, teenager, dll.
  4. Typeset.io
    Banyak fitur yang disediakan oleh tool satu ini. Typeset.io (https://typeset.io/paraphraser ) memberikan pemilihan kalimat, panjang kalimat hasil parafrase, variasi penggunaan kata, hingga pengaturan bahasa. Selain itu teman perpus dapat mengunggah dokumen atau menyalin kalimat seperti biasa sebagai input parafrase.

Namun perlu diingat bahwa teknologi AI di atas hanya sebagai alat bantu dalam paraphrase dengan segala keterbatasannya. Oleh karena itu teman perpus sebaiknya tetap perlu mereview hasil paraphrase karena sejatinya yang benar-benar mampu untuk menyusun konteks dan makna secara lebih dalam adalah diri kita sendiri .

More to explorer

Cara Akses Skripsi, Tesis dan Disertasi

Saat ini, Perpustakaan UMY hanya menyimpan skripsi, tesis, dan disertasi dalam bentuk soft file. Masyarakat umum hanya dapat mengakses halaman judul, abstrak, dan Bab I dari karya-karya tersebut. Namun sivitas akademika UMY memiliki beberapa opsi untuk bisa mengakses teks lengkap dari skripsi, tesis, dan disertasi.

Cara Akses Database

Untuk bisa akses database yang dilanggan oleh Perpustakaan Nasional RI, kamu harus melakukan pendaftaran terlebih dulu dengan cara klik daftar, setelah itu baru kemudian klik tombol akses