Terakreditasi A

Perpustakaan Nasional RI

Kepala Perpustakaan UMY Menjadi Partisipan IFLA 2023 di Rotterdam

Facebook
Twitter
LinkedIn

Sejumlah pustakawan Indonesia menghadiri 88th IFLA World Library and Information Congress 2023 di Rotterdam Belanda pada Senin (21/8). Diantara peserta pustakawan yang hadir pada konferensi tersebut merupakan juara tiga besar ajang Pustakawan Berprestasi Nasional 2023 yang dilaksanakan oleh Perpustakaan Nasional RI. Salah satu diantaranya yaitu Kepala Perpustakaan UMY, Novy Diana Fauzie, M.A. yang merupakan juara 1 Pustakawan Berprestasi Nasional 2023. Delegasi Indonesia dipimpin Kepala Perpustakaan Nasional RI, Muhammad Syarif Bando. IFLA WLIC 2023 ini dilaksanakan selama lima hari hingga tanggal 25 Agustus 2023 dan dihadiri sekitar 3000 peserta yang berasal dari lebih 100 negara.

IFLA sendiri merupakan sebuah organisasi internasional yang mewadahi kepentingan perpustakaan dan individu yang bergerak dalam bidang perpustakaan dan informasi. Setiap tahunnya IFLA menyelenggarakan kegiatan konferensi perpustakaan internasional IFLA WLIC (The IFLA World Library International Congress) yang bertujuan untuk menunjukkan komitmen profesi kepustakawanan terhadap peningkatan kualitas perpustakaan dan mendorong akses informasi yang lebih luas. Pada kongres IFLA WLIC tahun ini mengusung tema Let’s Work Together,  Let’s Library sesuai dengan perkembangan kondisi saat ini.

Perpustakaan dapat berkontribusi pada masyarakat secara inklusif, sehingga setiap orang memiliki kesempatan untuk berpartisipasi.  Acara IFLA ini juga diramaikan dengan pameran makalah poster sebanyak hampir 200 poster ditampilkan sebagai bagian dari Poster Session di Area Pameran. Perpustakaan Nasional menampilkan koleksi manuskrip naskah Jawa kuno dalam pameran kali ini.

 

Foto: Liputan6.com

More to explorer

Cara Akses Skripsi, Tesis dan Disertasi

Saat ini, Perpustakaan UMY hanya menyimpan skripsi, tesis, dan disertasi dalam bentuk soft file. Masyarakat umum hanya dapat mengakses halaman judul, abstrak, dan Bab I dari karya-karya tersebut. Namun sivitas akademika UMY memiliki beberapa opsi untuk bisa mengakses teks lengkap dari skripsi, tesis, dan disertasi.

Cara Akses Database

Untuk bisa akses database yang dilanggan oleh Perpustakaan Nasional RI, kamu harus melakukan pendaftaran terlebih dulu dengan cara klik daftar, setelah itu baru kemudian klik tombol akses