Terakreditasi A

Perpustakaan Nasional RI

FGD Pengabdian Banjarnegara

Facebook
Twitter
LinkedIn

Tim Pengabdian Universitas Muhammadiyah Yogyakarta: Pengukuran Tingkat Literasi Masyarakat di Banjarnegara

Pada Kamis, 15 Februari 2024, tim pengabdian dari Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta melaksanakan kunjungan di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Tim tersebut terdiri dari 3 pustakawan dan 2 staf perpustakaan, dan didampingi Kepala Perpustakaan, Novy Diana Fauzie, SS., MA. Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk melakukan pengukuran terkait tingkat kegemaran membaca masyarakat Banjarnegara.

Kegiatan dimulai dengan kunjungan ke Kantor Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Baperlitbang) Kabupaten Banjarnegara. Dalam rangka mendapatkan informasi yang diperlukan, tim pengabdian menggelar Forum Group Discussion (FGD) antara pustakawan dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan perwakilan masyarakat Banjarnegara.

Perwakilan masyarakat Banjarnegara hadir dalam FGD melibatkan Drs. Arief Rahman, S.T., M.Si. (Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan), Anton Hermawan, S.E., M.Akun (Kepala Baperlitbang), dan para camat dari beberapa kecamatan di Kabupaten Banjarnegara. Kegiatan dimulai dengan sambutan dari kedua belah pihak, Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dan Pemerintah Kabupaten Banjarnegara.

Rangkaian acara dilanjutkan dengan pemaparan tujuan kegiatan pengabdian, termasuk detail mengenai metode penelitian, teknik pengumpulan data, dan output yang diharapkan. FGD kemudian memfokuskan pada diskusi mendalam tentang penelitian sebelumnya terkait literasi informasi di Kabupaten Banjarnegara.

FGD ditutup dengan penyebaran kuesioner kepada para camat dari beberapa kecamatan di Kabupaten Banjarnegara. Kuesioner tersebut dilengkapi dengan link dan QR code untuk mempermudah distribusi kepada masyarakat di masing-masing kecamatan.

Kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai tingkat literasi masyarakat Banjarnegara serta memberikan dasar untuk perencanaan program-program literasi di masa mendatang.

More to explorer

Cara Akses Skripsi, Tesis dan Disertasi

Saat ini, Perpustakaan UMY hanya menyimpan skripsi, tesis, dan disertasi dalam bentuk soft file. Masyarakat umum hanya dapat mengakses halaman judul, abstrak, dan Bab I dari karya-karya tersebut. Namun sivitas akademika UMY memiliki beberapa opsi untuk bisa mengakses teks lengkap dari skripsi, tesis, dan disertasi.

Cara Akses Database

Untuk bisa akses database yang dilanggan oleh Perpustakaan Nasional RI, kamu harus melakukan pendaftaran terlebih dulu dengan cara klik daftar, setelah itu baru kemudian klik tombol akses