Terakreditasi A

Perpustakaan Nasional RI

Warung Perancis, lengkapi koleksi Perpustakaan UMY

Facebook
Twitter
LinkedIn

Wakil Rektor III UMY Sri Atmaja PJNNR, PhD.  meresmikan pembukaan Warung Perancis di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang merupakan Warung Perancis pertama di Yogyakarta. Pendirian warung perancis di UMY sendiri adalah sebagai bentuk kerjasama Perancis dan Indonesia melalui IFI yang berada di bawah Kedutaan Besar Perancis. Warung Perancis UMY diharapkan dapat menjadi sarana pengenalan pendidikan dan budaya Perancis bagi mahasiswa.

dalam sambutannya, Direktur IFI Yogyakarta Winsu mengatakan di era globalisasi saat ini menjadi penting untuk menguasai bahasa Perancis untuk mengakses ilmu pengetahuan hingga menembus pasar kerja.” Di tengah persaingan global, penguasaan bahasa dan budaya Perancis menjadi sangat penting. Bahasa Perancis bukan hanya bahasa romantis dan percintaan tetapi juga bahasa untuk mengakses ilmu pengetahuan,” ungkapnya dalam acara persemian tersebut di mini theatre PPB gedung Perpustakaan  UMY Kamis pagi (28/9).

Warung perancis UMY sebagai sarana mempromosikan pendidikan di Perancis, lanjut Wisnu, akan menyediakan berbagai fasilitas yang dapat menunjuang mahasiswa dalam memahami budaya perancis, khususnya bahasa. “Warung Perancis akan menyediakan kelas bahasa dan budaya melalui DVD, pameran pendidikan serta acara-acara rutin seperti diskusi, bedah buku, pemutaran film dan lain. Bahkan IFI juga berencana mengundang chef-chef profesional untuk memperkenalkan makanan Perancis. Semua fasilitas tersebut disediakan secara gratis bagi mahasiswa di UMY ” paparnya. Wisnu juga mengungkapkan dengan banyaknya beasiswa yang ada saat ini membuat peluang mahasiswa Indonesia sangat besar untuk dapat melanjutkan studi di Perancis.

Sehingga dengan adanya warung Perancis di UMY diharapkan dapat membekali mahasiswa yang berminat untuk melanjtukan studinya di negeri mode itu. “Melalui didirikannya Warung Perancis di UMY, diharapkan bisa menjadi jembatan bagi peminat studi Perancis untuk membekali diri,” tuturnya.

Seluruh fasilitas yang ada di Warung Perancis dapat diakses seluruh mahasiswa UMY dengan mendatangi Warung Perancis UMY yang terletak di Gedung D lantai 2. Waktu pelayanan dimulai pukul 07.30 sampai jam 16.00 WIB.

More to explorer

Cara Akses Skripsi, Tesis dan Disertasi

Saat ini, Perpustakaan UMY hanya menyimpan skripsi, tesis, dan disertasi dalam bentuk soft file. Masyarakat umum hanya dapat mengakses halaman judul, abstrak, dan Bab I dari karya-karya tersebut. Namun sivitas akademika UMY memiliki beberapa opsi untuk bisa mengakses teks lengkap dari skripsi, tesis, dan disertasi.

Cara Akses Database

Untuk bisa akses database yang dilanggan oleh Perpustakaan Nasional RI, kamu harus melakukan pendaftaran terlebih dulu dengan cara klik daftar, setelah itu baru kemudian klik tombol akses