Terakreditasi A

Perpustakaan Nasional RI

Pustakawan Belajar #5: Pelatihan Analisis Data Statistik Dengan SPSS

Facebook
Twitter
LinkedIn

Salah satu program kegiatan dalam mengembangkan kemampuan pustakawan yaitu pustakawan belajar. Kali ini Perpustakaan UMY kembali mengadakan Pustakawan Belajar dengan tema “Pendalaman Penggunaan SPSS bagi Pustakawan” pada Senin (27/11) di Ruang Repository lt.2 Perpustakaan UMY. Pelatihan tersebut dihadiri oleh 10 peserta yang terdiri dari pustakawan dan temporary staff Perpustakaan UMY.

Statistical Program for Social Science atau SPSS merupakan program aplikasi bisnis yang berguna untuk menganalisa data statistik. Program ini umumnya dipergunakan untuk pengolahan serta penganalisisan data yang mempunyai kemampuan analisis statistik dan sistem manajemen data serta lingkungan grafis.

Pelatihan SPSS kali ini mengundang narasumber/trainer yaitu Dheya Kusuma Arianing Putri, M.M., yang juga merupakan alumni dari program studi S1 Manajemen UMY dan kini telah menempuh S2 Manajemen di Universitas Islam Indonesia (UII). Pada kesempatan tersebut beliau menyampaikan beberapa materi besar dalam pemanfaatan software SPSS, mulai dari analisis deskriptif variable penelitian, uji kualitas instrument, hingga analisis interfensial untuk uji regresi berganda, linier sederhana, dan Path Analysis.

Pelatihan Statistik dengan SPSS untuk pustakawan UMY ini tujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai basic statistics untuk analisis statistik interaktif menggunakan SPSS, sehingga nantinya pustakawan juga dapat membantu mengajarkan kepada civitas akademika UMY dalam menggunakan SPSS untuk mengolah data.

More to explorer

Cara Akses Skripsi, Tesis dan Disertasi

Saat ini, Perpustakaan UMY hanya menyimpan skripsi, tesis, dan disertasi dalam bentuk soft file. Masyarakat umum hanya dapat mengakses halaman judul, abstrak, dan Bab I dari karya-karya tersebut. Namun sivitas akademika UMY memiliki beberapa opsi untuk bisa mengakses teks lengkap dari skripsi, tesis, dan disertasi.

Cara Akses Database

Untuk bisa akses database yang dilanggan oleh Perpustakaan Nasional RI, kamu harus melakukan pendaftaran terlebih dulu dengan cara klik daftar, setelah itu baru kemudian klik tombol akses