Terakreditasi A

Perpustakaan Nasional RI

Puncak Milad ke 27 : “Let’s Work Together, Let’s Library”

Facebook
Twitter
LinkedIn

Sabtu, 15 Juni 2024, Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) merayakan puncak acara milad ke-27 dengan semarak. Berbagai kegiatan dan penganugerahan dalam Library Awards diberikan kepada para individu dan kelompok yang telah memberikan kontribusi luar biasa dalam dunia literasi di lingkungan UMY.

Library Awards 2024

Dalam acara tersebut, beberapa penghargaan yang dikenal dengan Library Awards diumumkan. Berikut adalah para penerima penghargaan tahun ini:

Pustakawan Terfavorit:
M. Rifki Nugroho, S.I.Pust

Pemustaka Teraktif:
Fadhel, Ilmu Hukum UMY

Dosen Teraktif:
Yulianto Achmad, S.H., M.H

CCA Tendik:
– **Juara 1:** FEB (Aris Saputra, Krisna Widayati, Velisa Devina Remalya)
– **Juara 2:** FISIPOL (Syakira Amalia Isyaroh, Akhsan Taqwim Al-Akid, Ratih Pradhita Utami)
– **Juara 3:** FAI (Sekar Arum Mufaizah, Nurul Santika Kirsan, Husni Hidayatul Haqqiyah)

CCA Mahasiswa:
– **Juara 1:** Alif Angga Riadi, Andi Syarkhatussolehah, M. Aufa Athiq Ilma
– **Juara 2:** Shifa Asti Salsabillah, Nastiti Dyah Lestari, Rasya Raditya Hariana
– **Juara 3:** Topan Fahridzal, Ikhsan Adyaksa, Dhe Lungga

 

Perayaan milad tidak hanya berupa pemberian penghargaan, namun juga di awali dengan bedah buku yang menghadirkan penulis-penulis ternama. Sesi ini menarik banyak perhatian dari para peserta yang antusias untuk mendalami karya-karya terbaru dan berdiskusi langsung dengan para penulis.

Selanjutnya, pidato milad yang disampaikan oleh Kepala Perpustakaan UMY memberikan refleksi mengenai perjalanan 27 tahun perpustakaan dalam mendukung akademik dan pengembangan literasi di UMY. Beliau menjelaskan bahwa Perpustakaan UMY terus berinovasi dengan mengintegrasikan teknologi seperti VR dan AI, serta mengembangkan layanan seperti Ask MYLibrarian dan portal Mbaca untuk mendukung pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Prestasi signifikan juga diraih, termasuk juara dalam berbagai kompetisi dan penghargaan nasional, serta peningkatan layanan internasional melalui American Corner, Warung Prancis, dan lainnya, menjadikan perpustakaan UMY sebagai pusat studi tiru bagi perpustakaan perguruan tinggi lainnya.

Acara puncak ditutup dengan talkshow literasi yang menampilkan Agus Mulyadi dan Novy Diana Fauzie sebagai narasumber. Talkshow ini membahas pentingnya literasi dalam era digital dan memberikan inspirasi bagi para peserta untuk terus meningkatkan budaya membaca dan menulis.

Perayaan milad ke-27 Perpustakaan UMY berlangsung meriah dan penuh makna, mencerminkan komitmen perpustakaan dalam mendukung akademisi dan literasi. Diharapkan, penghargaan dan kegiatan yang diadakan dapat memotivasi seluruh civitas akademika UMY untuk terus berkarya dan berprestasi.

More to explorer

Cara Akses Skripsi, Tesis dan Disertasi

Saat ini, Perpustakaan UMY hanya menyimpan skripsi, tesis, dan disertasi dalam bentuk soft file. Masyarakat umum hanya dapat mengakses halaman judul, abstrak, dan Bab I dari karya-karya tersebut. Namun sivitas akademika UMY memiliki beberapa opsi untuk bisa mengakses teks lengkap dari skripsi, tesis, dan disertasi.

Cara Akses Database

Untuk bisa akses database yang dilanggan oleh Perpustakaan Nasional RI, kamu harus melakukan pendaftaran terlebih dulu dengan cara klik daftar, setelah itu baru kemudian klik tombol akses