Terakreditasi A

Perpustakaan Nasional RI

Perpustakaan UMY Meraih Juara II ALIA 2021

Facebook
Twitter
LinkedIn

Setelah meraih Juara I (satu) tingkat DIY pada Academic Library Innovation Award (ALIA) 2021,  Perpustakaan UMY kembali meraih penghargaan juara II (dua) tingkat nasional pada ALIA 2021 yang diselenggarakan oleh Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI). ALIA 2021 merupakan wujud implementasi program kerja FPPTI yang diselenggarakan  setiap 2 (dua) tahun sekali bersamaan dengan penyelenggaraan HUT ke-21 FPPTI pada bulan Oktober 2021.

Ajang final ALIA 2021 tersebut diadakan pada hari Jumat, 8 Oktober 2021 melalui Zoom. Acara tersebut merupakan tahap finalisasi dari ajang pemilihan tingkat daerah yang dikirim oleh FPPTI di masing-masing wilayah. Pada tahap ini para finalis harus melewati proses lomba presentasi dan Forum Group Discussion (FGD) yang berlangsung selama enam jam via Zoom. Peserta finalis dari Perpustakaan UMY diikuti oleh 6 pustakawan, antara lain Eko Kurniawan, Yuliana Ramawati, Muhkamad Fatori, dan Muhammad Jubaidi.

Final kali ini Perpustakaan UMY membuat karya inovasi yang berjudul “Divisi Content Creator dalam Mendukung Inovasi Layanan Digital UMY”. Dalam karya tersebut membahas tentang pengembangan kreativitas pustakawan UMY sebagai content creator dalam mendukung inovasi layanan di Perpustakaan UMY serta mengemas informasi dan pengetahuan secara modern di era digital.

Salah satu media sosial yang digunakan Perpustakaan UMY sebagai media konten digital yaitu Instagram. Pustakawan UMY berusaha mengupdate konten-kontennya setiap dua hari sekali dengan desain yang menarik, baik dalam bentuk feed foto/video, IG Story, IGTV, IG Live, dan Reels. Proses pembuatan konten di media sosial Instagram antara lain: pembuatan jadwal unggah, penentuan tema, pencarian ide atau inspirasi dari berbagai sumber seperti google gambar, pembuatan desain, dan proses unggah konten. Konten-konten tersebut dapat diakses di Instagram @perpustakaan_umy atau melalui link https://www.instagram.com/perpustakaan_umy/?hl=id

Terdapat 6 (enam) finalis yang terpilih dengan karya inovasi & kreatifitas perpustakaan yang luar biasa, antara lain:

  1. Perpustakaan UPH (Universitas Pelita Harapan) perwakilan FPPTI DKI Jakarta.
    Judul karya inovasi : Information Literacy Smart Class (ILSC)
  2. Perpustakaan UMY (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta) perwakilan FPPTI D.I.Yogyakarta.
    Judul karya inovasi : Divisi Content Creator dalam Mendukung Inovasi Layanan Digital UMY
  3. Perpustakaan UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) perwakilan FPPTI Jawa Barat.
    Judul karya inovasi : OALIB UPI : Sebuah Open Access Initiative untuk Sumber Belajar Bagi Masyakarat
  4. Perpustakaan Universitas Ciputra perwakilan FPPTI Jawa Timur
    Judul karya inovasi : Museum, Archive, Gallery, & Inclusive Fellowship in Empowering Society (MAGNIFIES)
  5. Perpustakaan IAIN Pontianak perwakilan FPPTI Kalimantan Barat
    Judul karya inovasi : SIPANDAWA : Sistem Informasi Pelayanan Digital Mahasiswa (Media Layanan Inovasi Pusat Perpustakaan Berbasis Digital dengan Teknik Q­_Barcode
  6. Perpustakaan UMPRI (Univeristas Muhammadiyah Pringsewu) perwakilan FPPTI Lampung
    Judul karya inovasi : Pojok Baca Air Karawang Sehat Alami (AKSA)

Semoga Perpustakaan UMY dapat terus berkembang dan memberikan inovasi layanan dalam bidang ilmu pengetahuan dan informasi.

More to explorer

Cara Akses Skripsi, Tesis dan Disertasi

Saat ini, Perpustakaan UMY hanya menyimpan skripsi, tesis, dan disertasi dalam bentuk soft file. Masyarakat umum hanya dapat mengakses halaman judul, abstrak, dan Bab I dari karya-karya tersebut. Namun sivitas akademika UMY memiliki beberapa opsi untuk bisa mengakses teks lengkap dari skripsi, tesis, dan disertasi.

Cara Akses Database

Untuk bisa akses database yang dilanggan oleh Perpustakaan Nasional RI, kamu harus melakukan pendaftaran terlebih dulu dengan cara klik daftar, setelah itu baru kemudian klik tombol akses