Terakreditasi A

Perpustakaan Nasional RI

Perpustakaan UMY Hadirkan Layanan Aplikasi Jaws untuk Penyandang Disabilitas Tunanetra

Facebook
Twitter
LinkedIn

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung inklusivitas dan aksesibilitas pendidikan bagi semua kalangan. Salah satu langkah nyata yang dilakukan adalah menyediakan layanan Aplikasi Jaws di Perpustakaan UMY, yang khusus diperuntukkan bagi penyandang disabilitas tunanetra.

Aplikasi Jaws merupakan perangkat lunak pembaca layar yang memungkinkan pengguna untuk mendengarkan berbagai teks yang diketikkan maupun kalimat yang terdapat di layar komputer. Dengan adanya aplikasi ini, penyandang disabilitas tunanetra dapat lebih mudah mengakses informasi dan literatur yang tersedia di perpustakaan.

Layanan ini dapat ditemukan di ruang repository perpustakaan UMY yang terletak di lantai 2. Jam operasionalnya adalah setiap hari Senin hingga Jumat mulai pukul 08.00 hingga 17.00, dan pada hari Sabtu mulai pukul 08.00 hingga 15.00.

Dengan adanya fasilitas ini, diharapkan mahasiswa penyandang disabilitas tunanetra dapat lebih terbantu dalam kegiatan akademiknya, serta dapat mengakses sumber daya informasi dengan lebih mudah dan mandiri. UMY berkomitmen untuk terus menyediakan layanan yang inklusif dan ramah bagi seluruh mahasiswa.

More to explorer

Cara Akses Skripsi, Tesis dan Disertasi

Saat ini, Perpustakaan UMY hanya menyimpan skripsi, tesis, dan disertasi dalam bentuk soft file. Masyarakat umum hanya dapat mengakses halaman judul, abstrak, dan Bab I dari karya-karya tersebut. Namun sivitas akademika UMY memiliki beberapa opsi untuk bisa mengakses teks lengkap dari skripsi, tesis, dan disertasi.

Cara Akses Database

Untuk bisa akses database yang dilanggan oleh Perpustakaan Nasional RI, kamu harus melakukan pendaftaran terlebih dulu dengan cara klik daftar, setelah itu baru kemudian klik tombol akses