Terakreditasi A

Perpustakaan Nasional RI

Organisasi Kampus VS Magang, Mana Sih Yang Paling Bagus Buat Gen Z?

Facebook
Twitter
LinkedIn

Buat sobat perpustakaan yang masih muda dan lagi seru-serunya navigasiin hidup dan bangun karier, pasti kepikiran gimana caranya buat mempersiapkan masa depan sobat perpustakaan. Minpus punya saran nih buat sobat perpustakaan pilih antara masuk organisasi kampus atau coba magang. Apa sih untungnya ikut organisasi kampus atau ikut magang? Ayo coba kita diskusi sama-sama.

1. Organisasi Kampus:

Organisasi kampus, yeah! Biasanya udah dikenalin nih sama pihak kampus organisasi apa aja yang ada di kampus kita. Eits, biasanya organisasi kamput variatif banget lho, ada organisasi yang bahas tentang seni, agama, politik, teknologi, dan organisasi dengan bahasan lainnya. Dari bahasan yang jadi fundamental organisasi itu, sobat minpus jadi bisa tau nih, kira-kira minat sobat minpus di organisasi mana. Ikut organisasi kampus banyak manfaatnya lho, biasanya sih sekrenya di sekitaran lingkungan kampus yang jadinya sobat minpus ngga perlu capek-capek harus pindah tempat. Sobat minpus jadi punya banyak temen buat sharing atau diskusi buat bahas topik tertentu. Pastinya sih kalau sobat minpus ikut organisasi kampus, soft skill cara komunikasi, kerja secara kelompok, time management, sama hard skill lain tentunya.

2. Magang:

Di sisi lain, ada yang bilang magang itu seperti ujung tombak bagi karier masa depan. Bukan cuman duduk manis di ruang kelas, tapi langsung turun ke lapangan. Di sini, kita bisa merasakan bener-bener gimana kerja di dunia nyata. Dari mulai nyari kopi buat bos sampe nyetel jadwal meeting, semua ada di magang. Plus, magang ini bisa jadi kesempatan bagus buat networking juga.  Magang juga ngga harus sesuai sama studi yang lagi dijalanin sama sobat minpus lho. Misal nih ya, sobat minpus studinya management, tapi ambil magang di tempat yang bergerak di bidang sosial, itu ngga ada ruginya lho. Sobat minpus jadi punya skill baik hard atau soft yang baru, ini bagus buat tambahan insight. Apalagi dapet tempat magang yang sesuai sama studi sobat minpus, jatuhnya sih udah kaya kerja beneran pastinya.

Jadi, mana yang lebih baik?

Nah, minpus udah coba share nih tentang organisasi kampus sama magang nih.  Keduanya punya nilai plus masing-masing, sih. Organisasi kampus ngasih bekal ilmu yang kuat dan konsep yang jelas, sementara magang ngasih pengalaman nyata di lapangan dan kesempatan untuk nyari relasi.

Pilihan antara organisasi kampus dan magang juga bisa tergantung sama pribadi sobat minpus masing-masing. Kalo sobat minpus suka suasana kampus dan pengen dapetin fondasi ilmu yang kuat, mungkin organisasi kampus bakal jadi pilihan yang tepat. Tapi kalo sobat minpus tipe yang doyan aksi, pengen langsung nyemplung ke dunia kerja, magang bisa jadi jalan yang lebih menarik.

Intinya, nggak ada salahnya buat ngambil kedua-duanya. Organisasi kampus bisa jadi landasan buat kemudian sobat minpus melangkah ke dunia kerja melalui magang. Atau sebaliknya, pengalaman di tempat magang a.k.a dunia kerja bisa nambahin perspektif kita waktu balik lagi ke kampus. Jadi, yuk, jangan ragu buat eksplorasi kedua opsi ini!

More to explorer

Komitmen: Kunci Utama Menuju Keberhasilan

Komitmen adalah sikap menyesuaikan diri dengan mantap pada sasaran yang akan dicapai oleh seseorang atau komunitas. Mereka yang komitmennya tinggi akan kelihatan

Cara Akses Database

Untuk bisa akses database yang dilanggan oleh Perpustakaan Nasional RI, kamu harus melakukan pendaftaran terlebih dulu dengan cara klik daftar, setelah itu baru kemudian klik tombol akses