Header Logo
Indonesian
Koleksi
Menunggu respon server .....
Bedah Buku Mengukur Kepuasan Pemustaka Menggunakan Metode LibQual+TM
Penulis : Novy Diana Fauzie Tanggal Publikasi : 26 March 2015

Rabu 25 Maret 2015, Perpustakaan UMY kembali mengadakan Bedah Buku dengan judul Mengukur Kepuasan Pemustaka dengan Medode LibQual+TM. Buku ini ditulis oleh pustakawan senior dari Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Buku dibedah oleh Endang Fatmawati, dari UNDIP dan Lasa HS dari UMY.

Rahayuningsihmenyampaikan bahwa kualitas jasa dalam hal ini jasa layanan perpustakaan, kepuasan pemustaka dilihat dari hubungannya dengan kualitas layanan, pentingnya kepuasan pemustaka dan faktor faktor yang mempengaruhi kepuasan pemustaka. Kenapa metode LibQual yang digunakan, menurut Ning karena alat ukur LibQual inisangat komplit dan paling tepat digunakan untuk mengukur kepuasan pemustaka. Bahkan Ning menyampaikan bahwa ada 6 tambahan buitir ukuran dengan menyesuaikan lokasi penelitian di USD tidah hanya 25 ukuran dari LibQual, jadi bisa dikembangkan dan disesuaikan sendiri.

Menurut pembedah pertama, Endang Fatmawati dari UNDIP , buku ini mengembangkan penelitian sebelumnya yang dilakukannya di UNDIP. Perbedaan teori yang digunakan, Endang dengan LibQual 2002 sedangkan Ning dengan LibQual 2009. Pemilihan teori ini juga pasti denagn menyesuaikan kondisi di USD. Endang menambahkan bahwa apabila perpustakaan ingin juga mengukur kepuasan pemustakanya dan merasakan bahwa LibQual teralu berat, maka dapat menyederhanakannta atau hanya menggambi satu sisi penilaian saja misalkan dari service affect, library as Place ataupun information control.

Ditambahkan oleh Lasa HS pembedah kedua, intinya kepuasan pemustaka itu harus diukur agar pengembangan perpustakaan kedepannya benar benar sesuai dengan keinginan pemustakanya dan berdasarkan penelitian yang dapat dipertanggungjawabkan.

Information