Header Logo
Indonesian
Koleksi
Menunggu respon server .....
ChatGPT dan Fungsinya bagi Mahasiswa
Penulis : Eko Kurniawan Tanggal Publikasi : 19 January 2023

AI atau Artificial Intelligence adalah teknologi yang digunakan untuk membuat sistem atau perangkat yang dapat berpikir dan belajar seperti manusia. AI dapat digunakan dalam berbagai aplikasi, seperti pengenalan suara, pengenalan wajah, pengambilan keputusan, dan pembelajaran mesin. Ada dua jenis utama AI yaitu AI berdasarkan rule-based dan AI berbasis data. AI berdasarkan rule-based dibangun dengan menggunakan aturan-aturan yang telah ditentukan sebelumnya, sementara AI berbasis data dibangun dengan menggunakan data yang dikumpulkan dan dianalisis untuk membuat keputusan atau prediksi. AI saat ini digunakan dalam berbagai industri seperti teknologi, perawatan kesehatan, otomotif, dan banyak lagi.

Definisi OpenAI

Kemudian, saat ini telah muncul salah satu teknologi AI yang disebut dengan OpenAI. OpenAI adalah sebuah perusahaan riset yang berfokus pada pengembangan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang aman dan bermanfaat bagi umat manusia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2015 oleh beberapa pemimpin industri termasuk Elon Musk, Ilya Sutskever, Greg Brockman, dan Wojciech Zaremba. OpenAI berusaha untuk mengembangkan teknologi AI yang berkualitas tinggi melalui riset dan pengembangan yang terbuka, serta bekerja sama dengan perusahaan dan pemerintah untuk menyebarkan pengetahuan dan teknologi AI yang aman dan bermanfaat. Beberapa proyek yang dikembangkan oleh OpenAI diantaranya : chatGPT, DALL·E, OpenAI Gym, dan RoboSumo.

Apa itu ChatGPT

Salah satu produk OpenAI yang dapat dimanfaatkan di dunia akademik yaitu ChatGPT. ChatGPT adalah sebuah model bahasa yang dikembangkan oleh OpenAI. Model ini adalah varian dari GPT (Generative Pre-trained Transformer) yang dirancang khusus untuk melakukan tugas-tugas yang berkaitan dengan bahasa natural, seperti penulisan teks, pemahaman bahasa, dan kecerdasan buatan. ChatGPT dikembangkan dengan menggunakan teknik "pre-training" yang memungkinkan model untuk belajar dari jutaan dokumen teks yang ada di internet sebelum dilatih untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu. Dengan demikian, ChatGPT memiliki kapasitas yang cukup baik dalam mengerti dan menjawab pertanyaan yang diajukan dengan cara yang sesuai dengan konteks serta dapat digunakan dalam berbagai aplikasi seperti asisten virtual, mesin pencari, dan aplikasi chatting.

Fungsi ChatGPT

Fungsi utama dari ChatGPT adalah untuk melakukan tugas-tugas yang berkaitan dengan bahasa natural, seperti:

  1. Generating text: ChatGPT dapat digunakan untuk menghasilkan teks yang sesuai dengan konteks yang diberikan. Misalnya, dapat digunakan untuk menulis cerpen, artikel, atau menjawab pertanyaan dalam bentuk teks.

  2. Language understanding: ChatGPT dapat digunakan untuk memahami bahasa alami yang digunakan oleh pengguna dan mengekstrak informasi yang relevan dari teks yang diterima.

  3. Dialogue systems: ChatGPT dapat digunakan untuk mengembangkan sistem percakapan, seperti asisten virtual, yang dapat menjawab pertanyaan dan menyelesaikan tugas yang diberikan oleh pengguna.

  4. Language translation: ChatGPT dapat digunakan untuk menterjemahkan teks dari satu bahasa ke bahasa lain.

  5. Text summarization : ChatGPT dapat digunakan untuk menyederhanakan teks yang panjang dan kompleks menjadi ringkasan yang mudah dibaca.

  6. Text completion : ChatGPT dapat digunakan untuk menyelesaikan teks yang hilang atau tidak lengkap yang diberikan.

Fungsi ChatGPT bagi Mahasiswa

Bagi mahasiswa, ChatGPT bisa digunakan untuk :

  1. Mencari ide judul skripsi, misalnya dengan cara memberikan perintah "Carikan 20 judul skripsi tentang digital marketing"
  2. Mencari referensi
  3. Membuat abstrak skripsi
  4. Membuat latar belakang skripsi
  5. Membuat artikel/berita di website
  6. Membuat rangkuman sebuah artikel

Namun, hasil generate ChatGPT ini tidak boleh "ditelan mentah", namun harus ada verifikasi dan proses editing agar karya tulis  yang dihasilkan dapat maksimal.

Cara Menggunakan ChatGPT

ChatGPT dapat diakses melalui https://chat.openai.com/.Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, yaitu :

  1. Buka browser dan masukkan alamat URL https://chat.openai.com/ ke dalam bar alamat.
  2. Login with google
  3. Anda akan diarahkan ke halaman utama dari OpenAI Chat.
  4. Anda dapat mengetik pertanyaan atau perintah yang ingin Anda jalankan pada kotak teks yang tersedia.
  5. Kemudian klik tombol "Submit" atau tekan Enter untuk mengirimkan permintaan Anda.
  6. Anda akan menerima jawaban dari model ChatGPT yang dikembangkan oleh OpenAI.

Anda juga dapat mengakses perintah-perintah khusus dengan mengetik perintah tertentu seperti "help" untuk mendapatkan daftar perintah yang tersedia.**

**) Artikel ini diolah dari ChatGPT

Information