Header Logo
Indonesian
Koleksi
Menunggu respon server .....
Revisi Skripsi Tak Kunjung Usai? Yuk Simak Tips Ini
Penulis : Aidilla Qurotianti Tanggal Publikasi : 28 December 2022

Hampir setiap mahasiswa akhir pasti mengalami revisi skripsi oleh dosen pembimbing. Tidak sedikit juga dari mereka merasa frustasi dengan revisi yang terus menerus sehingga membuat target wisuda menjadi mundur. Meskipun dianggap sebagai momok yang menakutkan, revisi merupakan hal wajar yang memang harus kamu selesaikan. Jangan menganggap revisi sebagai hal yang membebani hidupmu dan membuat hari-harimu tertekan. Cobalah selesaikan revisi dengan cara yang lebih menyenangkan dengan memperhatikan tips di bawah ini:

  1. Perkuat Latar Belakang yang Jelas
    Skripsi merupakan paparan hasil penelitian yang menjelaskan sebuah masalah /fenomena tertentuyangkemudian hasil penelitian tersebut dapat menjawab atau menawarkan solusi jitu berdasarkan bukti saintifik bagi permasalahan tersebut. Oleh karena itu latar belakang skripsi perlu menggambarkan dan menjabarkan permasalahan utama serta hubungan antar variabel yang akan diteliti. Fakta masalah yang diangkat juga harus didukung dengan data, teori, atau hasil penelitian orang lain sebelumnya.
  2. Pahami Metode Penelitian
    Metode penelitian merupakan prosedur yang dilakukan utuk mengumpulkan informasi atau data serta melakukan investigasi pada data yang telah didapatkan tersebut. Oleh karena itu metode penelitian harus dapat digambarkan dengan jelas dan rinci, mulai dari jenis dan rancang bangun penelitian, populasi dan sampel penelitian, variabel dan indikator yang sesuai, hingga teknik analisis dan pengumpulan data.
  3. Pilih Referensi yang Tepat
    Sering kali mahasiswa menggunakan dasar teori yang tidak relevan dengan masalah yang diangkat sehingga tidak selaras satu sama lain. Selain itu kesalahan lain yang umum dijumpai ialah penggunaan referensi yang tidak kredibel sehingga validitasnya dipertanyakan. Maka dari itu, jurnal ilmiah peer-review dan buku jauh lebih dianjurkan dalam hal ini. Jangan lupa juga perhatikan tahun terbitnya sebab referensi yang berusia lebih lama dinilai tidak relevan dengan kondisi terkini.
  4. Pembahasan Hasil Penelitian yang Menjawab Permasalahan
    Pada bagia ini kamu harus menjelaskan hasil penelitianmu secara rinci dan sesuai fakta karena bagian inilah yang akan menjawab hipotesis penelitian. Selain itu, hasil penelitian harus didukung dengan studi terdahulu dan dibahas secara komprehensif.
  5. Sistematika dan Teknik Penulisan yang Rapi
    Bagian ini juga tidak kalah sering diperhatikan oleh dosen pembimbing untuk melanjutkan bab berikutnya atau tidak, yaitu teknik penulisan skripsi. Oleh karena itu kamu harus jeli dalam menuliskan skripsi. Hal yang sering menjadi permasalahan yaitu penulisan yang salah, seperti salah ketik, kata yang tak sesuai KBBI, huruf besar huruf kecil, hingga penulisan miring yang salah.

 

Sumber : 

Arnesya, Nadhifa Aulia. 2022. “Ketahui 5 Alasan Mengapa Skripsi Terus Mengalami Revisi”.  https://www.idntimes.com/life/inspiration/nadhifa-aulia-arnesya/alasan-kenapa-skripsi-terus-mengalami-revisi-c1c2?page=all

Information