Header Logo
Indonesian
Koleksi
Menunggu respon server .....
Bangladesh Corner UMY Memperingati Victory Day Celebration
Penulis : Aidilla Qurotianti Tanggal Publikasi : 28 December 2022

Dalam rangka memperingati hari kemenangan Bangladesh, Bangladesh Corner UMY menyelenggarakan acara Victory Day Celebration pada Jumat (16/12) di Bangladesh Corner UMY. Victory Day for Bangladesh yang diperingati setiap tanggal 16 Desember ini merupakan Hari Kemenangan bagi Bangladesh. Sekilas sejarah hari kemenangan tersebut diperingati karena pada tanggal tersebut di tahun 1971 komandan Pasukan Pakistan, Jenderal Amir Abdullah Khan Niazi, menyerah kepada Mukti Bahini dan sekutu India mereka. Pasukan Pakitan menyerah dan rakyat Bangladesh meraih kemenangan setelah perang pembebasan selama 9 bulan untuk mencapai kemerdekaan dan menandai pemisahan resmi Pakistan Timur untuk menjadi negara baru Bangladesh. Oleh karena itu untuk memberi penghormatan kepada para martir, berbagai program dan kegiatan dilakukan di seluruh negeri dalam kekhidmatan dan pesta.

Acara tersebut dihadiri oleh kurang lebih 12 mahasiswa Bangladesh yang sedang menempuh studi di berbagai universitas di Indonesia, 11 mahasiswa asing pada berbagai prodi internasional di UMY, serta mahasiswa UMY lainnya. Acara dibuka oleh Asheka Alahi yang merupakan mahasiswa  S2 Internasional UMY. Acara pertama yaitu pembacaan kalam ilahi oleh Mr. Mahmudul Hasan Faruky yang merupakan mahasiswa S2 di UMS. Kemudian  acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Bangladesh “Amar Sonar Bangla” dan dilanjutkan dengan lagi “Indonesia Raya” dan “Sang Surya”.

Acara selanjutnya yaitu sambutan yang disampaikan oleh Kepala Perpustakaan UMY, Novy Diana Fauzie, MA. Beliau mengungkapkan terima kasih atas adanya Victory Day Celebration yang dilaksanakan di Bangladesh Corner UMY. Tidak lupa juga sambutan dari Kedutaan Besar Bangladesh di Indonesia, H.E. M Mostafizur Rahman, GUP, ndc, psc yang disiarkan melalui pemutaran video.

Kemudian sambutan juga disampaikan oleh Kepala Coorporation and International Affairs UMY, Dr. Idham Badruzzaan, Ph.D. Dalam sambutannya beliau senang atas terlaksananya Victory Day Celebration for Bangladesh dan berharap akan terus selalu menjalin kerjasama yang baik dengan Bangladesh. Lalu dilanjutkan dengan sambutan dari Wakil Rektor Budang Akademik UMY, Prof. Dr. Ir. Sukamta, S.T., M.T., IPM. Sambutan ditutup oleh salah satu mahasiswa doctoral UMY asal Bangladesh, Mr. Md. Abu Jahid Ph.D (Cand) yang sekilas menjelaskan tentang sejarah dan perjalanan dari Kemenangan Bangladesh.

Acara selanjutnya yaitu Food Festival of Bangladesh. Seluruh peserta acara dipersilahkan untuk mencicipi makanan khas Bangladesh yang telah dibuat langsung oleh mahasiswa internasional Bangladesh. Pada sesi tersebut beberapa dari mahasiswa asal Bangladesh tersebut menjelaskan kepada peserta tentang nama-nama dan bumbu khas yang digunakan dari setiap makanan yang telah dihidangkan.  Acara terakhir yaitu Cultural Event dimana sebagian besar mahasiswa asal Bangladesh menampilkan pertunjukan kesenian Bangladesh,  dimana setiap dari mereka menyanyikan lagu-lagu yang berasal dari Bangladesh.

Information