Header Logo
Indonesian
Koleksi
Menunggu respon server .....
KHAZANAH MUHAMMADIYAH
Penulis : Aidilla Qurotianti Tanggal Publikasi : 05 December 2022

Judul       : Ensiklopedia Muhammadiyah 2.0; Membangun Indonesia Berkemajuan

Editor       : Lasa Hs; Imron Nasri; Arief  Budiman Ch

Penerbit   : Majelis Pustaka dan Informasi PP. Muhammadiyah, 2022

ISBN        : 978-623-88083-1-1

Tebal        : 700 halaman

 

Sebagaimana dipahami dan dibuktikan bahwa Persyarikatan Muhammadiyah merupakan organisasi Islam yang tertua dan terbesar di negeri ini. Muhammadiyah lahir sebelum NKRI lahir. Maka dengan kata lain bahwa Muhammadiyah ikut melahirkan NKRI. Sebagai gerakan Islam berkemajuan, Muhammadiyah telah berhasil melintasi jaman lebih satu abad dengan mengalami berbgai  hambatan, cacian, dan kritikan. Alhamdulillah organisasi ini dewasa dengan pengalaman dan mampu mengatasi rintangan bahkan mampu memberikan pencerahan sepanjang masa. Pencerahan ini tidak dibatasi dimensi waktu, ras, perbedaan politik, maupun agama.

Dalam perjalanan lintas jaman ini, tentunya Muhammadiyah mendapatkan pengalaman, memperoleh nilai, dan sekaligus telah menggali dan mengembangkan ilmu pengetahuan. Semua ini perlu didokumentasikan dan dikembangkan dari generasi ke generasi. Salah satu usaha dokumentasi dan pengembangan nilai, etika, pengalaman, dan ilmu pengetahuan adalah penyusunan Ensiklopedi Muhammadiyah.

Ensiklopedi Muhammadiyah yang terbit Nopember 2022 ini merupakan penyempurnaan dari Ensiklopedi Muhammadiyah yang terbit tahun 2005 (Penerbit Rajagrafindo) dan Ensiklopedi Muhammadiyah  terbit 3 (tiga) jilid tahun 2015. Penulisan suatu ensiklopedi merupakan kegiatan yang memerlukan kesabaran, ketekunan, kerja keras, keseriusaan, dan ketelitian. Karena ensiklopedi akan menjadi rujukan yang dapat dipertanggung jawabkan.

Perubahan edisi 2022 ini cukup signifikan dengan penambahan entri tokoh Muhammadiyah pusat maupun daerah, peristiwa penting, istilah-istlah khas Muhammadiyah, maupun lokasi bersejarah.

Idealnya ensiklopedi perlu direvisi  5 (lima) tahun sekali. Apalagi gerak langkah Muhammadiyah dengan moto Memajukan Indonesia dan Mencerdaskan Semesta.  Maka dalam waktu lima tahun ke depan tentu semakin banyak ilmu pengetahuan, penelitian, peristiwa perubahan, serta kemajuan dan usaha pencerahan semesta yang dilakukan Muhammadiyah.

Majelis Pustaka dan Informasi PP Muhammadiyah sebagai perangkat pimpinan pusat berusaha untuk menyebarkan informasi dan ilmu pengetahuan secara luas. Maka untuk mengawali penyebaran ini, buku-buku terbitan MPI PP Muhammadiyah dapat dibaca  secara online. Kebijakan ini dimaksudkan untuk mempercepat penyebaran informasi Kemuhammadiyahan dan dalam mendukung moto Mencerahkan Semesta.

 

Lasa Hs

Information