Header Logo
Indonesian
Koleksi
Menunggu respon server .....
Mau Kuliah ke Hongaria? Beasiswa Stipendium Hungaricum Telah Dibuka
Penulis : Aidilla Qurotianti Tanggal Publikasi : 26 November 2022

Program Beasiswa Stipendium Hungaricum merupakan beasiswa penuh dari pemerintah Hungaria yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa asing di dunia termasuk Indonesia untuk melanjutkan studi pendidikan tinggi mereka di Hungaria. Selain itu program ini juga bertujuan untuk mempromosikan internasionalisasi pendidikan tinggi Hungaria dan menarik mahasiswa asing terbaik dari seluruh dunia untuk dapat menjalin keterikatan pribadi dan profesional ke Hungaria. Program beasiswa ini dikelola oleh Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan, dan dikoordinasikan oleh Tempus Public Foundation. Program ini didasarkan pada perjanjian kerja sama pendidikan bilateral yang ditandatangani antara Kementerian yang bertanggung jawab atas pendidikan di negara/wilayah pengirim dan Hungaria.

Pemerintah Hungaria menawarkan beasiswa secara penuh untuk jenjang S1, S2, S3, hingga program non gelar bersertifikat. Pendaftaran beasiswa ini dibuka untuk tahun akademik 2023 – 2024 melalui skema Stipendium Hungaricum Scholarship Programme yang dikelola oleh Tempus Public Foundation. Selain itu, beasiswa Pemerintah Hungaria ini juga telah bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI  sebagai Sending Partner untuk melakukan seleksi pelamar. Tahun 2023 - 2024, Indonesia memperoleh kuota 110 kursi beasiswa pemerintah Hungaria.

Beasiswa Khusus Program Sarjana (S1), Magister (S2), dan Program non-gelar

  • Bebas biaya kuliah
  • Tunjangan hidup sejumlah HUF 43.700/bulan (cca. 153 EUR), selama 12 bulan hingga selesai masa studi
  • Biaya akomodasi, berupa asrama gratis sejumlah HUF 40.000/bulan selama menerima beasiswa
  • Catatan: jika siswa tidak tinggal di asrama yang telah disediakan, maka penerima beasiswa hanya menerima HUF 40.000/bulan tanpa ada tambahan untuk menutupi biaya diluar dari asrama yang disediakan, terutama jika penerima beasiswa memilih tinggal di kota-kota besar atau ibu kota.
  • Asuransi kesehatan, berupa kartu asuransi kesehatan nasional dan asuransi kesehatan tambahan hingga HUF 65.000 (cca. 153 EUR) per tahun/orang

Beasiswa Khusus Program Doktoral (S3)

  • Bebas biaya kuliah
  • Gaji bulanan sejumlah HUF 140.000 (cca. 131 EUR) untuk tahap pertama pendidikan (4 semester) dan HUF 180.000 (cca. 425 EUR) untuk tahap kedua (4 semester) selama 12 bulan dalam setahun hingga selesai masa studi.
  • Biaya akomodasi
  • Asuransi Kesehatan

Pendaftaran online beasiswa dibuka mulai 16 November 2022 hingga 16 Januari 2023 pukul 23:59 Waktu Eropa Tengah. 

Informasi lebih lanjut mengenai Pendaftaran Beasiswa Stipendium Hungaricum Tahun 2023/2024 dapat klik disini ringkas.kemdikbud.go.id/shspi2023 

 

 

 

Information