Header Logo
Indonesian
Koleksi
Menunggu respon server .....
Menjalin Kerjasama Melalui Pelatihan Manajemen Perpustakaan
Penulis : Aidilla Qurotianti Tanggal Publikasi : 16 November 2022

Perpustakaan UMY bekerjasama dengan Perpustakaan STPN Yogyakarta menyelenggarakan "Pelatihan Manajemen Perpustakaan" di Perpustakaan UMY pada Sabtu (12/11). Pelatihan tersebut diikuti oleh beberapa pustakawan STPN yang terdiri dari Tri Endah Mulyani Budi Lestari, S.Pd., Ismandiyah, S.H., Martinho Magno, S.S.T., Ety Kusummaningsih, S.P., S.S.T., Siswanto Putro, S.E., Sujilah, S.H., Mujiana Suryanta, Ahzan Mustofa, S.Kom., dan Nadia Dwi Putri, S.I.Pust. Kepala Unit Penunjang Akademik (UPA) Perpustakaan STPN, Yoseph Nai Helly, S.Si.T., M.A., menjelaskan bahwa salah satu hal yang harus dilakukan untuk terus menjaga pengetahuan yaitu dengan membangun relasi dan kerjasama dengan pihak lain yang bergerak di bidang perpustakaan. Kegiatan tersebut juga sebagai bukti dari kerjasama antara Perpustakaan UMY dengan Perpustakaan STPN guna meningkatkan kualitas pelayanan dan sarana prasarana di perpustakaan agar semakin maju. 

Pelaksanaan pelatihan ini dibagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama yaitu pemaparan materi oleh Kepala Perpustakaan UMY, Novy Diana Fauzie, M.A., dengan tema “Manajemen Kelembagaan serta Teknologi Informasi dan Komunikasi Perpustakaan”. Pada kesempatan tersebut beliau menjelaskan tentang strategi manajemen perpustakaan yang meliputi penentuan visi misi, merumuskan strategi, menerapkan strategi, dan mengevaluasi strategi. Sesi selanjutnya yaitu pemaparan materi oleh Kepala Urusan Pengolahan dan Layanan Pustaka UPT Perpustakaan UMY , Laela Niswatin, S.I.Pust., dengan topik “Manajemen Pengembangan Layanan dan Program Perpustakaan” . Beliau menjelaskan tentang berbagai layanan yang terdapat di Perpustakaan UMY.

Setelah itu sesi terakhir yakni Library Tour yang dipandu oleh beberapa pustakawan UMY. Pada kesempatan tersebut memperlihatkan secara langsung fasilitas dan layanan yang terdapat di Perpustakaan UMY. Diharapkan dari adanya kunjungan tersebut lebih dapat mempererat hubungan silaturahmi antara Perpustakaan UMY dengan Perpustakaan STPN Yogyakarta serta saling meningkatkan layanan perpustakaan dalam menunjang terlaksananya tri dhrama perguruan tinggi.

Information