Header Logo
Indonesian
Koleksi
Menunggu respon server .....
Lebih Fokus Belajar Dengan Teknik Pomodoro
Penulis : Aidilla Qurotianti Tanggal Publikasi : 31 October 2022

Pernahkah kamu merasa sulit fokus dan sulit mengatur waktu dalam mengerjakan sesuatu? Jika iya, kamu bisa mencoba teknik pomodoro. Teknik pomodoro adalah teknik manajemen waktu yang diperkenalkan oleh Fransisco Cirillo pada akhir tahun 1980. Teknik ini dia ciptakan saat duduk di bangku perkuliahan. Ketika kuliah di tahun 1980-an, Francesco termasuk orang yang sulit fokus belajar. Mulai saat itu dia menyadari bahwa perlu membuat suatu sistem belajar dengan menggunakan interval waktu tertentu agar kondisi fisik maupun psikisnya dapat tetap terjaga. Saat itu, Ia membagi waktu belajar dan istirahat dengan tepat. Pada saat mengembangkan teknik ini, Francesco menggunakan timer dapur yang biasa digunakan untuk menghitung waktu memasak. Ia membagi waktu belajar menjadi interval bernama “jendela kerja” selama 25 menit. Setelah 25 menit, “jendela kerja” itu berakhir yang kemudian diselingi interval waktu istirahat. Teknik itu dinamakan Pomodoro karena saat Francesco membuatnya ia menggunakan timer dapur berbentuk tomat.

Pomodoro dalam bahasa Italia artinya ‘tomat.’ Melalui teknik ini kamu harus fokus dalam selang waktu tertentu. Misal kamu mengatur timer selama 25 menit, lalu kerjakanlah tugas atau belajar pada waktu tersebut. Apabila timer berbunyi, maka beristirahatlah sekitar 5 menit dan kembali fokus setelahnya. Cara ini dilakukan sebanyak 4 babak, setelah itu Kamu bisa beristirahat lebih lama asal tidak lebih panjang daripada waktu untuk fokus. Lalu, bagaimana cara menerapkan teknik ini?

Cara menerapkan teknik Pomodoro

  1. Menyiapkan Materi dan Jauhkan dari Distraksi
    Untuk memulai teknik Pomodoro, bisa dimulai dengan memilah tugas yang akan dikerjakan atau hal yang ingin dipelajari. Pilihlah pekerjaan berdasarkan skala prioritasnya. Setelah itu siapkan materi yag diperlukan seperti buku, modul, tugas, alat tulis dan bahan sumber belajar lainnya. Jangan lupa untuk menjauhkan distraksi seperti handphone, gadget, hal lain yang dapat mengganggu proses belajar. Kamu juga bisa menggunakan fitur airplane mode agar tidak ada notifikasi yang masuk ke gadget kamu selama belajar.
  2. Atur waktu / timer selama 25 menit
    Siapkan timer di handphone atau stopwatch. Tentukan berapa lama waktu untuk fokus pada materi pelajaran. Sesuaikan waktu fokus berdasarkan ritme kamu sendiri. Fransisco Cirillo biasa menggunakan waktu 25 menit.
  3. Kerjakan Tugas dengan Fokus
    Fokuslah untuk mengerjakan tugas atau belajar selama 25 menit atau sampai timer berbunyi. Dalam waktu 25 menit ini, Kamu tidak boleh melakukan hal lain yang dapat mengdistraksi, seperti mengobrol atau mengecek handphone supaya Kamu tetap konsentrasi. Selama interval waktu 25 menit itulah yang dinamakan “jendela kerja”.
  4. Berhenti Jika Timer Berbunyi
    Apabila waktunya sudah habis, maka Kamu harus menjeda kegiatan belajar dan beristirahat meskipun tugas atau belajar Kamu belum selesai. Pada jeda istirahat ini Kamu bisa melakukan peregangan ringan, nyemil, atau berjalan-jalan sebentar dua sampai lima menit. Hal ini bertujuan untuk menjaga fokus dan konsentrasi.
  5. Ulangi Teknik di Atas Hingga Empat Kali
    Gunakan siklus belajar-istirahat selama empat kali, kemudian ambil waktu istirahat selama 15-30 menit, asalkan tidak lebih dari waktu fokus.

Manfaat Teknik Pomodoro

Ada beberapa manfaat dari teknik pomodoro, antara lain:

  • Terlatih fokus. Kamu bisa terlatih untuk fokus pada hal yang sedang kamu kerjakan. Dengan terlatih fokus itu, kamu bisa mengerjakan atau melakukan apapun dengan cepat dan rapi.
  • Terbiasa mengatur waktu. Kamu akan terbiasa untuk melakukan manajemen waktu yang tepat berdasarkan skala prioritasnya.
  • Mampu membuat perencanaan kerja yang efektif dan efisien
  • Terbiasa bekerja di bawah tekanan waktu. Batas waktu yang dibuat selama 25 menit akan membuatmu merasakan tekanan selama menggunakan teknik ini. Dengan seringnya melakukan teknik ini, maka secara mental kamu akan terbiasa dan tidak merasa panik saat dibebani pekerjaan dengan batas waktu yang minim.
  • Berpikir lebih cepat. Teknik ini dapat melatih otak kamu untuk berpikir dan memproses informasi secara cepat. Sebab, dengan batas waktu selama 25 menit, kamu akan merasa diburu waktu sehingga proses otak akan bekerja lebih cepat.

Teknik ini bisa menjadi pilihan model belajar kamu agar bisa meningkatkan produktivitas waktu dan pekerjaan. Selamat mencoba ^^

 

 

Sumber:

Akbar, Zaki Izzani. (2021). “Mengenal Teknik Pomodoro untuk Belajar dengan Fokus”.   https://sis.binus.ac.id/2021/10/01/mengenal-teknik-pomodoro-untuk-belajar-dengan-fokus/

Cara Melakukan Teknik Pomodoro Supaya Lebih Fokus  https://hellosehat.com/sehat/informasi-kesehatan/cara-teknik-pomodoro-lebih-fokus/

Ruang Guru (2021). "Teknik Pomodoro, Teknik Belajar yang Dapat Bantu Tingkatkan Konsentrasimu". https://www.ruangguru.com/blog/teknik-pomodoro-teknik-belajar-yang-dapat-bantu-tingkatkan-konsentrasimu 

Information