Header Logo
Indonesian
Koleksi
Menunggu respon server .....
Meningkatkan Layanan Perpustakaan melalui SEPATU JOLIFA
Penulis : Aidilla Qurotianti Tanggal Publikasi : 21 September 2022

Balai Layanan Perpustakaan DPAD DIY bekerjasama dengan Perpustakaan UMY  mengadakan acara "Literasi Informasi Sistem Perpustakaan Terpadu Jogja Library for All (SEPATU JOLIFA)" yang diselenggarakan di Public Space lantai  1 Perpustakaan UMY (20/09/2022). Layanan Sepatu Jolifa ini merupakan sistem yang menawarkan layanan perpustakaan secara offline melalui silang pinjam maupun online melalui www.jogjalib.com yang dapat membantu dalam memenuhi kebutuhan informasi dan pengetahuan melalui jaringan kerjasama antar perpustakaan berbasis teknologi informasi. Acara yang dilaksanakan secara luring ini dihadiri oleh 50 peserta yang merupakan mahasiswa UMY. Terdapat tiga narasumber yang dihadirkan pada acara ini, yakni Ferry Anggara (Duta Baca DIY 2020 & Presenter TVRI Jogja), Novy Diana Fauzie, S.S., M.A (Kepala Perpustakaan UMY), dan Eko Kurniawan, M.A (Pustakawan UMY).

Dewi Ambarwati, S.Sos., M. AP., Kepala Balai Layanan Perpustakaan DPAD DIY dalam sambutannya menjelaskan bahwa Sepatu Jolifa ini merupakan bentuk untuk melengkapi ketidaksempurnaan di perpustakaan. “Perpustakaan itu tidak ada yang sempurna. Jadi karena ketidaksempurnaan tersebut maka kita saling bekerjasama. Sesuai dengan amanah Gubernur D.I Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X bahwa di Yogyakarta itu untuk mempermudah akses perpustakaan maka dibentuk 2005 sudah dibuat Jogja Library for All. Kemudian pada tahun 2016 kita desain dengan brand SEPATU JOLIFA” ungkapnya. Beliau juga menjelaskan bahwa hingga saat ini layanan Sepatu Jolifa telah terintegrasi informasi dengan 42 perpustakaan DIY yang telah tergabung dalam Sepatu Jolifa.  

Pada sesi pertama Ferry Anggara, Duta Baca DIY 2020 menjelaskan bahwa literasi kita secara digital saat ini harus terus diedukasi. “Kita menghadapi tantangan yang tidak mudah ketika menggalakan budaya membaca. Salah satunya kita berada di era disrupsi media sosial, dimana sebagian besar dari kita lebih sering membaca informasi dari media sosial yang belum tentu kebenarannya kita ketahui”, jelasnya.

Disinilah peran perpustakaan untuk menyediakan akses informasi yang kredibel dan valid. Kepala Perpustakaan UMY, Novy Diana Fauzie, M.A menjelaskan bahwasanya dalam mencari informasi yang tepat dan valid bisa mengakses informasi yang telah disediakan oleh perpustakaan, salah satunya melalui Sepatu Jolifa. Selain menjelaskan tentang pemanfaatan Sepatu Jolifa, beliau juga menjelaskan tentang bagaimana cara untuk mengakses sumber informasi, baik melalui portal database di website Perpustakaan UMY (www.library.umy.ac.id) maupun mencari informasi lainnya di media sosial yang dikelola Perpustakaan UMY.

Pada kesempatan yang sama, Eko Kurniawan, M.A menjelaskan tentang langkah-langkah untuk mendaftar sebagai anggota Sepatu Jolifa agar para peserta dapat langsung mendaftarkan diri pada saat itu juga. Diharapkan dengan diadakannya acara ini dapat memberikan kemudahan bagi mahasiswa untuk mengakses sumber informasi di seluruh Perpustakaan DIY.

Information