Header Logo
Indonesian
Koleksi
Menunggu respon server .....
Perpustakaan UMY Mengadakan Klinik Skripsi #2
Penulis : Aidilla Qurotianti Tanggal Publikasi : 18 July 2022

Perpustakaan UMY kembali mengadakan Klinik Skripsi untuk seluruh mahasiswa yang sedang menjalani skripsi pada Sabtu (16/7). Kegiatan ini dilaksanakan untuk membantu mahasiswa akhir dalam mencari fokus penelitian, pencarian referensi, sampai penggunaan manajemen referensi seperti Mendeley, Zotero, dan Endnote. Acara ini berlangsung selama 2,5 jam secara virtual melalui platform Zoom yang dihadiri oleh kurang lebih 78 peserta.

Acara tersebut dipandu oleh beberapa fasilitator yang juga merupakan pustakawan UMY antara lain Arda Putri Winata, M.A., Muhamad Jubaidi, M.A., Yuliana Ramawati, S.IPust., dan Aidilla Qurotianti, SIP. Setiap fasilitator membawakan materi yang berbeda-beda dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Sesi pertama yaitu tentang pencarian fokus penelitian yang dipaparkan oleh Arda Putri Winata, M.A. Beliau menjelaskan tentang bagaiamana mencari referensi yang efektif di internet sesuai dengan fokus penelitian mereka.

Sesi selanjutnya yaitu pemaparan tentang penggunaan aplikasi reference tools dan cek Turnitin. Pada sesi tersebut mahasiswa dapat memilih konsultasi Mendeley, Zotero, ataupun Endnote yang dilakukan di masing-masing breakout room di Zoom. Pada konsultasi Mendeley akan didampingi oleh Yuliana Ramawati, S.IPust., konsultasi Zotero oleh Muhamad Jubaidi, M.A., dan konsultasi Endnote oleh Aidilla Qurotianti, SIP. Setelah pelatihan reference tools, acara dilanjutkan dengan pelatihan cek Turnitin dan cara menghindari plagiasi.

Information