Header Logo
Indonesian
Koleksi
Menunggu respon server .....
Perpustakaan UMY Mengadakan Klinik Skripsi Untuk Mahasiswa
Penulis : Aidilla Qurotianti Tanggal Publikasi : 27 June 2022

Tidak sedikit mahasiswa yang mengalami kebingungan dalam mengerjakan skripsi, mulai dari pencarian fokus penelitian, pencarian referensi, dan lain sebagainya. Berangkat dari kecemasan tersebut Perpustakaan UMY menyelenggarakan Klinik Skripsi bagi mahaiswa UMY pada Sabtu (25/6). Acara ini dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi Zoom yang dihadiri oleh 97 peserta. Klinik Skripsi merupakan layanan yang disediakan oleh Perpustakaan UMY kepada mahasiswa yang ingin melakukan konsultasi mengenai kebutuhan yang berkaitan dengan pengerjaan skripsi. Adapun materi yang diberikan yaitu  menentukan fokus penelitian, penelusuran referensi, penggunaan reference tools (Mendeley, Zotero, Endnote), dan layanan cek Turnitin.

Acara tersebut dipandu oleh beberapa fasilitator yang juga merupakan pustakawan UMY antara lain Novy Diana F.. M.A., Eko Kurniawan, M.A., M. Erdiansyah, SIP., dan Nur Hasyim Latief, SIP. Setiap fasilitator membawakan materi yang berbeda-beda dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Sesi pertama yaitu tentang pencarian fokus penelitian yang dipaparkan oleh Novy Diana F, M.A. Beliau menjelaskan tentang bagaiamana mencari referensi yang efektif di internet sesuai dengan fokus penelitian mereka.

Sesi selanjutnya yaitu pemaparan tentang penggunaan aplikasi reference tools dan cek Turnitin. Pada sesi tersebut mahasiswa dapat memilih konsultasi Mendeley, Zotero, ataupun Endnote yang dilakukan di masing-masing breakout room di Zoom. Pada konsultasi Mendeley akan didampingi oleh Nur Hasyim Latief, SIP., konsultasi Zotero oleh M. Erdiansyah, SIP., dan konsultasi Endnote oleh Eko Kurniawan, M.A. Setelah pelatihan reference tools akan dilanjutkan dengan pelatihan cek Turnitin dan cara menghindari plagiasi.

Kegiatan Klinik Skripsi ini akan diharapkan dapat memberikan manfaat bagi para mahasiswa khususnya mahasiswa tingkat akhir dalam menyelesaikan tugas akhir mereka. 

Information