Header Logo
Indonesian
Koleksi
Menunggu respon server .....
Apa Rencanamu Setelah Wisuda?
Penulis : Aidilla Qurotianti Tanggal Publikasi : 09 June 2022

Wisuda menjadi momen yang sangat membahagiakan bagi seluruh mahasiswa yang telah menempuh lika-liku dan suka duka di dunia perkuliahan kurang lebih empat tahun. Tapi mungkin tak semuanya merasakan keberuntungan setelah wisuda, karena banyak juga yang harus menganggur dan menunggu lamaran kerja mana yang berhasil didapatkan. Berikut ada beberapa tips untuk kalian para wisudawan yang baru saja menyelesaikan perkuliahannya:

  1. Menyusun Curriculum Vitae (CV) yang Menarik
    Mempersiapkan sebuah Curriculum Vitae atau CV wajib dilakukan saat kamu akan melamar kerja. Buatlah CV yang menarik secara tampilan dengan mencantumkan pengalaman kamu selama kuliah seperti pengalaman berogranisasi, magang, pelatihan ataupun kursus yang pernah kamu ikuti. Hal tersebut akan membantu menonjolkan kelebihan dirimu yang bisa dijual saat kamu melamar kerja.
  2. Rajin Mencari Info Lowongan Pekerjaan
    Kini kamu bisa mendapatkan info lowongan pekerjaan melalui website maupun media sosial seperti Instagram, facebook, dan twitter. Kamu bisa mulai untuk mengikuti akun-akun info lowongan kerja sehingga kamu selalu mendapatkan update berita tentang lowongan kerja terbaru. Selain itu kamu juga bisa mengikuti job fair yang sering diadakan di berbagai kampus, instansi pemerintah, ataupun tempat-tempat umum. Di acara tersebut kamu bisa melamar pekerjaan mulai dari perusahaan lokal, multinasional, bahkan internasional.
  3. Magang
    Sebagai mahasiswa fresh graduate mungkin kamu bertanya-tanya seperti apa dunia kerja itu dan bagaimana menjalaninya. Untuk menjawab itu kamu bisa mengikuti program magang yang sesuai dengan jurusan kuliah atau bidang yang kamu minati. Dengan mengikuti program magang kamu akan mendapatkan berbagai pengalaman kerja dan menambah relasi atau koneksi. Anda bisa mencari lowongan magang di beberapa perusahaan yang relevan dengan pengalaman kuliah dan gelar yang kamu punya. Magang ini juga bisa sebagai salah satu pemanasan sebelum kamu benar-benar menjadi karyawan tetap sepenuhnya.
  4. Berwirausaha
    Membuat usaha atau menjalankan bisnis bisa menjadi pilihan langkah kamu setelah lulus kuliah. Berwirausaha dapat melatih kreativitas, kemandirian, keberanian, dan skill entrepreneurship sejak dini. Apabila kamu memiliki minat untuk berwirausaha, mulailah untuk melakukan proses identifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut berkaitan dengan ide inovatif, peluang, dan berbagai cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu.
  5. Hubungi Teman atau Kerabat yang Sudah Bekerja
    Salah satu jalan agar kamu bisa segera mendapatkan pekerjaan yaitu melalui rekomendasi dari teman atau kerabat terdekat kamu. Hubungi rekan atau kerabat kamu yang sudah bekerja terlebih dahulu tentang lowongan pekerjaan di tempatnya bekerja, supaya kesempatan mendapatkan pekerjaan lebih besar dan cepat.
  6. Lanjut Kuliah Pascasarjana (S2/S3)
    Apabila kamu masih ingin menekuni bidang studi kamu lebih mendalam, kamu bisa melanjutkan kuliah pascasarjana. Selain bisa mendalami ilmu dan memperluas wawasan, kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk berkarir yang lebih baik dan lebih luas dan investasi untuk gaji yang lebih tinggi.

Itulah hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kebingunganmu setelah lulus kuliah. Semoga setelah membaca ini kamu bisa mendapatkan gambaran lebih baik tentang apa yang benar-benar kamu inginkan. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan perjalanan kariermu dengan lancar ^^

Information