Header Logo
Indonesian
Koleksi
Menunggu respon server .....
Perpustakaan UMY menyelenggarakan kegiatan webinar IQRA #9
Penulis : Muhammad Erdiansyah CA., SIP. Tanggal Publikasi : 25 May 2022

Rabu, 21 Juni 2020 Perpustakaan UMY menyelenggarakan kegiatan webinar IQRA #9 dengan topik "Penggunaan Analisis Bibliometrika dalam Mapping Research". Acara ini dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi zoom dengan narasumber yaitu Lis Setyowati, S.Sos., M.A. yang merupakan Pustakawan Perpustakaan Teknik Universitas Diponegoro dan dipandu oleh Yuliana Ramawati, A.Md., S.I.Pust selaku host dan moderator. 

Sebelum acara utama dimulai, ada beberapa sambutan oleh Drs. Lasa Hs, M.Si. sebagai Kepala Perpustakaan UMY. Beliau menyampaikan bahwa pustakawan tidak hanya fokus pada tugas utama saja, namun juga aktif berkontribusi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan salah satunya adalah menulis karya ilmiah. Penulisan karya ilmiah juga jadi bukti nyata bahwa pustakawan selalu update dengan perkembangan ilmu pengetahuan terutama pada bidang ilmu perpustakaan 

Acara inti yaitu pemaparan materi oleh Lis Setyowati, S.Sos., M.A. Beliau mengatakan bibliometrik merupakan salah satu metode penelitian yang dalam digunakan pustakawan untuk mengamati beberapa hal. Beberapa poin yang disampaikan oleh narasumber antara lain : research mapping, bibliometric mapping, bibliometric to support research processes (bibliometric mapping for literature search & bibliometric mapping for research topic exploration), dan tools. Beliau menjelaskan pendekatan bibliometrik terbagi menjadi 2 bagian yaitu : evaluate dan relational. Mayoritas peneliti di bidang perpustakaan sering menggunakan relational. Pada bagian relational terdapat beberapa pilihan antara lain : literature search dan literature exploration. Penggunaan bibliometrika penulis dapat memetakan topik penelitian maupun co-author analysis.

Presentasi materi berlangsung sekitar 45 menit dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Ada sekitar 317 peserta yang hadir dalam acara tersebut. Antusias peserta pada acara ini sangat tinggi, sehingga banyak pertanyaan-pernyataan yang ditujukan kepada narasumber. Sesi tanya jawab berlangsung sekitar 60 menit. Acara diakhiri dengan pengumuman doorprize yang diberikan kepada 5 pemenang.

Information