Header Logo
Indonesian
Koleksi
Menunggu respon server .....
Webinar Bibliobattle Batch 3 (Final Chapter)
Penulis : Muhammad Erdiansyah CA., SIP. Tanggal Publikasi : 13 April 2022

Perpustakaan UMY mengadakan sebuah webinar Bibliobattle Batch 3 (Final Chapter) pada Selasa (12/04/2022). Bibliobattle merupakan kompetisi mereview buku yang dikembangkan oleh Graduate School of Informatics di Universitas Kyoto di Jepang. Permainan ini booming di Jepang sekitar tahun 2013. Orang yang menyajikan buku dalam bibliobattle disebut bibliobattler atau presenter buku. Pada Kompetisi ini masing-masing kontestan menyampaikan isi buku yang paling menarik/berkesan bagi mereka supaya audiens juga berkeinginan mengetahui isi lengkap buku yang dimaksud. Setelah itu audiens akan memberikan vote kepada buku yang menurut audiens menarik.

Kontestan pada acara Bibliobattle Batch 3 (Final Chapter) ini adalah mahasiswa UMY yang aktif di organisasi BEM dari berbagai Fakultas, antara lain : Yunanto dari BEM Fakultas Pertanian UMY, Muhammad Fatwa Nurudin dari BEM Fakultas Agama Islam UMY, dan Muhammad Adam dari BEM Fakultas Fisipol UMY. Kegiatan ini berlangsung secara daring via Zoom dan dihadiri oleh kurang lebih 100 peserta dari berbagai latar belakang.

Pada kompetisi tersebut masing-masing dari mereka menyampaikan isi buku yang merupakan buku yang berkesan/memorable bagi mereka. Kontestan pertama yaitu Yunanto (BEM Fakultas Pertanian UMY). Yunanto berbagi cerita tentang buku karangan Nurhady Sirimorok yang berjudul Melihat Desa Lebih Dekat: Catatan Perjalanan tentang Satu Bahasa. Buku ini merupakan catatan perjalanan si penulis. Penulis menggambarkan bahwa stigma tentang masyarakat desa masih dianggap keterbelakangan atau tidak mengikuti perkembangan zaman. Bahkan pemuda desa kini lebih memiliki mencari pekerjaan di luar desa daripada menjadi petani. Padahal lahan pertaniannya memliki potensi besar dan akan lebih besar lagi jika para pemuda ikut melanjutkan perjuangan orang tuanya sebagai petani dan berusaha membuat inovasi di bidang pertanian. Hal ini perlu peran pemerintah yang harus jeli dan cekatan serta menawarkan solusi yang menguntungkan bagi para petani.

Kompetisi dilanjutkan dengan kontestan kedua yaitu Muhammad Fatwa Nurudin (BEM Fakultas Agama Islam UMY). Fatwa berbagi cerita tentang buku yang berjudul Pribadi Hebat karya Buya Hamka. Buku ini menjelaskan bahwa bagaimana menjadi pribadi hebat dengan mengembangkan potensi yang dimiliki menggunakan akal dan fisik. Waktu paling tepat untuk membentuk pribadi yang kuat pada saat masih muda. Saat masih muda, seseorang harus mulai membuat tujuan di masa depan karena proses untuk sampai ke tujuan tidak bisa di capai dengan sekejap. Tujuan akan membuat seseorang terus memompa diri lebih baik dan bekerja keras untuk mencapai tujuan itu. Dan yang tidak kalah penting yaitu iman dan agama. Apabila seseorang memiliki tujuan yang kuat dan religiusitas yang kokoh maka dia akan menjadi pribadi yang hebat dan tak tergoyahkan.

Kontestan terakhir yaitu Muhammad Adam (BEM Fakultas Fisipol UMY). Adam berbagi tentang buku yang berjudul Start With Why karangan Simon Sinek. Penulis ingin menjelaskan bahwa para pemimpin yang menginspirasi memiliki cara berpikir, bertindak, dan berkomunikasi yang sama. Mereka semua memulai dengan pertanyaan “Mengapa?”. Penulis juga menceritakan bagaimana pemimpin besar menginspirasi orang untuk mengambil suatu tindakan dan bagaiman menjadi seorang leadership. Kesimpulan yang dapat diambil yaitu seorang pemimpin yang baik adalah pemimpin yang peduli dengan lingkungan.

Sesi terakhir yaitu voting yang akan dilakukan oleh audiens dengan memilih judul buku apa yang menurut audiens menarik. Dari voting tersebut didapatkan hasil bahwa pemenang buku pilihan audiens jatuh pada buku yang berjudul “Melihat Desa Lebih Dekat: Catatan Perjalanan tentang Satu Bahasa” karya Nurhady Sirimorok yang dibawakan oleh Yunanto dari BEM Fakultas Pertanian UMY.

Diharapkan dari dilaksanakannya kegiatan bibliobattle ini dapat menjadi ajang knowledge sharing, meningkatkan literasi dan minat baca, menjadi arena mendekatkan pemustaka pada buku untuk semua orang khususnya civitas akademika UMY.

Information