Header Logo
Indonesian
Koleksi
Menunggu respon server .....
Perpustakaan UMY mengadakan acara Workshop Sertifikasi Pustakawan
Penulis : Muhammad Erdiansyah CA., SIP. Tanggal Publikasi : 01 April 2022

Pada hari kamis tanggal 31 Maret 2022 Perpustakaan UMY mengadakan acara Workshop Sertifikasi Pustakawan secara daring melalui aplikasi zoom. Acara ini diikuti oleh 11 pustakawan Perpustakaan UMY dengan 5 narasumber dari Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (UHAMKA) dan Universitas Surabaya (UBAYA). Kelima narasumber tersebut antara lain : Lutfan Zulwaqar (UHAMKA), Fauzan Rahmatul (UHAMKA), Jalinur (UHAMKA), Mifta Apriyanto (UHAMKA), Kristina (UBAYA). 

Acara Workshop Sertifikasi Pustakawan di mulai oleh sambutan dari bapak Drs. lasa Hs, M.Si selaku Kepala Perpustakaan UMY. Beliau mengharapkan bahwa dengan adanya acara ini dapat menjadikan pustakawan UMY mendapatkan spesialisasi khusus. Lalu sambutan kedua dilanjutkan oleh ibu Dr. Adhianty Nurjanah, S.Sos, M.Si selaku Kepala LPKSDM. Beliau berharap bahwa pustakawan UMY dengan acara ini pustakawan UMY dapat melaksanakan proses sertifikasi dengan baik dan tersertifikasi berdasarkan klaster yang telah di pilih. 

Setelah sambutan dari  Drs. lasa Hs, M.Si dan Dr. Adhianty Nurjanah, S.Sos, M.Si, acara berikutnya 11 pustakawan dan 5 narasumber memasuki breakout room berdasarkan klaster masing-masing. Klaster Pengolahan dan Pengembangan Koleksi diisi oleh Lutfan Zulwaqar dengan peserta yaitu Arda Putri Winata dan Laela Niswatin. Klaster Layanan Dasar Perpustakaan diisi oleh Fauzan Rahmatul dan Mifta Apriyanto dengan peserta Yuliana Ramawati, Nur Hasyim Latif, Muhammad Jubaidi, Rifki Nugroho, dan Muhkamad Fatori. Klaster Promosi Perpustakaan diisi oleh Jalinur dengan peserta Eko Kurniawan. Klaster Literasi Informasi diisi oleh Kristina dengan peserta Novy Diana Fauzie, Aidilla Qurotianti, dan Muhammad Erdiansyah Cholid Anjali. 

Saat peserta dan narasumber memasuki breakout room, setiap narasumber memaparkan materi kepada para peserta Workshop. Setelah pemaparan selesai, dilanjutkan pada sesi diskusi. Peserta workshop bertanya tentang komponen-komponen yang harus dipersiapkan dan narasumber menjelaskan serta menceritakan pengalaman pada saat mengikuti proses sertifikasi pustakawan. Hasil dari acara ini adalah pustakawan UMY mulai mempersiapkan dokumen-dokumen yang digunakan pada proses sertifikasi pustakawan ke Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.  

Information