Header Logo
Indonesian
Koleksi
Menunggu respon server .....
Aplikasi Pendukung Untuk Mengerjakan Tugas Kuliah
Penulis : Aidilla Qurotianti Tanggal Publikasi : 25 January 2022

Setiap mahasiswa tentunya tidak akan lepas dari suatu proses pengerjaan tugas di setiap mata kuliah yang diambilnya. Kini di era perkembangan teknologi informasi seperti saat ini sudah banyak berbagai aplikasi yang dapat membantu mahasiswa dalam proses mengerjakan tugas, antara lain:

  1. iPusnas
    iPusnas merupakan aplikasi perpustakaan digital berbasis media sosial yang dilengkapi dengan eReader untuk membaca ebook. Aplikasi tersebut persembahan dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI). Ada beberapa fitur unggulan yang dapat dinikmati oleh pengguna, antara lain: 
    a) Koleksi Buku : fitur yang membantu Anda untuk menjelajahi ribuan judul e-book yang terdapat di iPusnas. Anda dapat memilih judul yang Anda inginkan, lalu dapat dipinjam dan dibaca hanya dengan ujung jari Anda
    b) ePustaka : Fitur unggulan iPusnas yang memungkinkan Anda untuk bergabung menjadi anggota perpustakaan digital yang memiliki koleksi beragam dan menjadikan perpustakaan berada dalam genggaman
    c) Feed : fitur untuk melihat semua aktifitas pengguna iPusnas seperti informasi buku terbaru, buku yang dipinjam oleh pengguna lain dan beragam aktifitas lainnya
    d) Rak Buku : fitur yang menyediaan rak buku virtual yang akan menampilkan history peminjaman buku Anda
    e) E-reader : fitur yang memudahkan Anda untuk membaca e-book di dalam iPusnas
     
  2. E-Book Perpustakaan UMY by Kubuku.
    Selain iPusnas, Anda juga dapat mencari e-book melalui aplikasi “E-Book Perpustakaan UMY” yang hanya diperuntukan bagi civitas akademika UMY. Aplikasi tersebut dapat diakses melalui Play Store. Caranya sebagai berikut:
    a) Download dan Install E-Book Perpustakaan UMY di Play Store
    b) Registrasi menjadi anggota (wajib menggunakan email UMY)
    c) Buka email Anda, klik Aktivasi. Setelah itu tunggu verifikasi dari pustakawan
    d) Setelah diverifikasi, Anda dapat mengakses E-book Perpustakaan UMY
     
  3. Mendeley, Zotero, dan EndNote. 
    Pembuatan tugas akhir tidak lepas dari pengutipan dan penulisan daftar pustaka karena keduanya adalah bagian yang wajib ada pada tubuh tugas akhir. Seiring berkembangnya teknologi informasi kini muncul beberapa software reference manager yang dapat membantu mahasiswa dalam membuat sitasi, antara lain Mendeley, Zotero, dan EndNote. Reference manager/menagement referensi adalah perangkat lunak yang dapat membantu dan mempermudah setiap mahasiswa dalam penyisipan, penulisan, dan pemformatan sitasi daftar Pustaka.
     
  4. Evernote
    EverNote merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan penggunanya membuat catatan/notes, menyimpan ide-ide, mengumpulkan artikel-artikel yang ditemukan saat browsing dan ditambah dengan akses dari berbagai macam perangkat digital seperti desktop, smartphone, iPad dan lain-lain. Perangkat lunak ini mirip dengan Sticky Notes yang terdapat pada Windows 7 dan Vista, namun dengan fitur yang lebih lengkap. Aplikasi ini memiliki beberapa manfaat yang dapat digunakan oleh teman perpus, antara lain : 1) menjadi notebook yang bisa menjadi tempat untuk Anda mencatat berbagai hal penting; 2) bisa sebagai Voice Note yang dapat menyimpan sebuah informasi dalam bentuk suara; 3) bisa menyimpan sejumlah lampiran / attachments mulai dari Cloud sampai Google Drive; 4) memiliki kemampuan untuk mengembalikan data yang sudah hilang tersebut dengan cara pilih menu “trash”; dan 5) bisa difungsikan sebagai pengingat/reminder.
     
  5. Grammarly
    Sometimes doing the final project which is required to use English becomes an obstacle for some students. Now, to help you in processing grammar in English you can use Grammarly. Grammarly is a web-based application that can check the grammar of writing in a manuscript, from word spelling, sentence structure, to standard grammar in English. In addition, Grammarly can also assist you in correcting punctuation, providing word choice suggestions, and checking if there are repetitions of words.
     
  6. Turnitin
    Turnitin merupakan perangkat lunak berbasis web yang dapat mengidentifikasi unsur plagiasi dalam karya tulis atau karya ilmiah. Cara kerja dari Turnitin ini adalah membandingkan orisinalitas karya tulis Anda dengan berbagai sumber di Internet, seperti artikel, jurnal, buku, dan lain-lain, sehingga dapat mencegah terjadinya tindakan plagiarism. Turnitin juga dapat mengindeks seluruh karya tulis dalam suatu universitas dan membandingkannya dengan karya tulis dari berbagai universitas lain yang juga mengindeks karya tulisnya. Dengan begitu aplikasi ini dapat memberikan informasi kepada Anda tentang beberapa identifikasi terkait plagiarisme dan poin-poin tulisan yang perlu Anda perbaiki agar tidak memungkinkan adanya plagiarism.
     
  7. Quillbot & Spinner
    Untuk mengurangi tindakan plagiarism Anda perlu memperhatikan tatanan tulisan yang telah Anda kutip dari suatu sumber, karena hal tersebut nantinya akan berpengaruh terhadap hasil persentase Turnitin. Cara untuk mengurangi tindakan plargiarism yaitu Anda harus memahami teknik pengutipan dalam sebuah karya ilmiah, salah satunya adalah dengan parafrase.
    Parafrase atau kutipan tidak langsung merupakan pengungkapan kembali terhadap suatu tulisan dalam bentuk susunan baru sesuai dengan bahasa kita tanpa mengubah makna aslinya. Namun terkadang mahasiswa merasa kesulitan dalam melakukan paraphrase karena kurangnya kosa kata dalam merangkai suatu kalimat. Namun kini sudah ada aplikasi yang dapat membantu Anda untuk membantu dalam melakukan parafrase, yaitu Quillbot dan Spinner. Kedua aplikasi tersebut merupakan alat untuk memparafrasekan teks asli sedemikian rupa menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) sehingga teks baru tampak berbeda dan alami sambil tetap menyampaikan konten teks asli.

Information