Header Logo
Indonesian
Koleksi
Menunggu respon server .....
Layanan Klinik Reference Manager di Perpustakaan UMY
Penulis : Aidilla Qurotianti Tanggal Publikasi : 05 January 2022

Sebagai seorang mahasiswa dituntut untuk dapat menyusun tugas akhir atau karya ilmiah dengan menyajikan sumber data yang otentik, berdasarkan fakta, dan sumber yang valid. Hal tersebut mengharuskan mahasiswa untuk mengetahui ketentuan dalam menulis tugas akhir atau karya ilmiah, salah satunya yaitu dengan memperhatikan kaidah penulisan dan anti-plagiarisme. Oleh karena itu, diperlukan sebuah tools atau software yang dapat membantu dalam mendeteksi kutipan, plagiarisme, dan memperbaiki tulisan yang Anda buat. Software yang dapat mendukung kegiatan penulisan tersebut yaitu reference manager atau menejemen referensi. Reference manager merupakan software yang dapat membantu Anda dalam mengelola sitasi, mencari, menyimpan metadata, mengutip, dan menemukan kembali dokumen referensi jika dibutuhkan. Reference manager juga menyediakan fungsi untuk mengekspor sitasi dan referensi secara otomatis ke dalam perangkat lunak word processing. Anda juga dapat memilih format sitasi yang akan diterapkan pada naskah Anda. Ada beberapa software reference manager yang dapat Anda gunakan, diantaranya yaitu Mendeley, Zotero, dan Endnote.

Dalam rangka membantu meningkatkan kemampuan dan kualitas kepenulisan civitas akademika UMY, Perpustakaan UMY menyediakan Klinik Reference Manager yang meliputi Mendeley, Zotero, dan Endnote. Layanan tersebut berutujuan untuk memfasilitasi civitas akademika UMY termasuk mahasiswa UMY untuk berkonsultasi dalam menggunakan reference manager sebagai penunjang kebutuhan kepenulisan.

Jadi, silahkan bagi seluruh civitas akademika UMY yang ingin berkonsultasi dalam menggunakan software reference manager bisa mengunjungi layanan Klinik Reference Manager yang terletak di Perpustakaan UMY Gd. D Lt. 2 dari pukul 08.00 – 15.00 wib. 

Information