Header Logo
Indonesian
Koleksi
Menunggu respon server .....
Lima Corner di Perpustakaan UMY yang Comfortable
Penulis : Aidilla Qurotianti Tanggal Publikasi : 29 December 2021

Dalam mendukung Learning Commons serta mempererat hubungan dengan berbagai Negara, kini Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) semakin memperluas kerjasamanya dengan berbagai negara. Salah satu bentuk kerjasama tersebut yaitu dengan didirikannya beberapa layanan corner yang berada di Perpustakaan UMY. Adapun layanan corner tersebut antara lain: American Corner UMY, Warung Prancis UMY, Taiwan Education Center UMY, Bangladesh Corner UMY, dan Muhammadiyah Corner UMY. Pendirian corner tersebut disambut hangat oleh civitas akademika UMY khususnya mahasiswa yang memiliki ketertarikan pada masing-masing Corner yang tersedia. Setiap corner memiliki program dan keunggulan dalam memberikan edukasi tentang Negara yang terkait.

American Corner UMY secara resmi dibuka pada tanggal 25 April 2004. Selain menyediakan koleksi di media cetak dan multimedia, American Corner rutin mengadakan acara.  Salah satu contoh program yang terdapat di American Corner UMY  yaitu yang dikenal  sebagai  menu of the month yang setiap harinya para volunteer American Corner UMY membuat “menu” atau agenda untuk dilaksanakan di American Corner UMY. Adapun menu of the month antara lain Coffee Dialogue, FunConv, ArtCor, Game Challenge, Artifacts, uMYQuiz Amcor, Movie Talk, dll. Tidak jarang American Corner UMY juga bekerja sama dengan kedutaan Amerika Serikat dalam menyelenggarakan workshop atau kegiatan.

Warung Prancis UMY juga memiliki berbagai jenis program, yaitu program harian (programme Quotidien) dan program tahunan (programme Annuel). Program harian (programme Quotidien) yang rutin dilaksanakan, antara lain: Kelas Kreatif, Layar Prancis, Club De Literature, Wepedia, Jeu-Jeu, dll.  Sedangkan program tahunan (programme Annuel) antara lain: Parlez Wae (PW) dan Bon Anniversaire. Program-program tersebut bertujuan untuk menunjang perkembangan pendidikan di lingkungan civitas akademika yang memiliki minat pada Bahasa Prancis. Tidak heran Warung Prancis UMY pernah memperoleh penghargaan WP de l’année (WP terbaik) tahun 2018 dari Institut Français d’Indonésie Jakarta (IFI Jakarta). Penghargaan ini merupakan yang kedua kalinya diraih oleh Warung Prancis UMY setelah mendapatkan penghargaan WP Terbaik pada 2015 lalu.

Selain kedua Corner di atas, Perpustakaan  UMY juga menyediakan Taiwan Education Center UMY. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dipercaya oleh pemerintah luar negeri untuk mengembangkan kerjasama di bidang pendidikan melalui Taiwan Education Center (TEC) yang merupakan inisiasi dari Taipei Economic and Trade Office (TETO), Taiwan Education Center (TEC) Indonesia, dan universitas-universitas di Taiwan.  Dengan adanya Taiwan Education Center (TEC) di UMY juga memiliki manfaat bagi mahasiswa UMY yang ingin melanjutkan studi ke Taiwan, maupun yang akan melakukan program seperti pertukaran pelajar ke Taiwan.

Corner terbaru yang disediakan di Perpustakaan UMY yaitu Bangladesh Corner UMY yang diresmikan pada bulan Desember 2021. Bangladesh Corner UMY  ini merupakan sarana yang terbuka untuk umum baik itu mahasiswa UMY maupun diluar UMY untuk bisa mendapatkan informasi mengenai negara Bangladesh serta menjadi “rumah” bagi para mahasiswa Bangladesh yang sedang melakukan studi di UMY.

Last but not least, corner unggulan selanjutnya di Perpustakaan UMY dan menjadi icon corner di setiap Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) yaitu Muhammadiyah Corner UMY.  Hadirnya Muhammadiyah Corner UMY sangat penting bagi organisasi Muhammadiyah dan Universitas untuk menjembatani antara kerja-kerja keilmuan dan budaya. Muhammadiyah Corner UMY juga menyediakan berbagai karya pemikiran tokoh-tokoh Muhammadiyah, karya orang lain tentang Muhammadiyah, publikasi yang dihasilkan dari Badan Usaha Muhammadiyah, dan peninggalan kekayaan intelektual seperti buku yang dimiliki oleh orang-orang Muhammadiyah.

Dengan adanya lima Corner yang berada di Perpustakaan UMY Gedung D diharapkan dapat memberikan manfaat bagi seluruh civitas akademika UMY untuk dapat menunjang kebutuhan informasi dan ilmu pengetahuan yang lebih global dan mendunia.

Information