Header Logo
Indonesian
Koleksi
Menunggu respon server .....
Tips Belajar Bahasa Inggris bagi Mahasiswa
Penulis : Aidilla Qurotianti Tanggal Publikasi : 20 December 2021

Di era globalisasi perkembangan dunia semakin berjalan secara dinamis di berbagai bidang dan sektor baik nasional maupun internasional. Hal tersebut membuat penggunaan bahasa internasional seperti bahasa Inggris semakin penting untuk Anda kuasai khususnya bagi mahasiswa. Selain merupakan bahasa Internasional yang akan menunjang komunikasi dengan orang lain, bahasa Inggris juga diperlukan karena mengingat saat ini banyak referensi penunjang perkuliahan yang menggunakan bahasa Inggris sehingga mahasiswa perlu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggrisnya.

Dengan menguasai bahasa Inggris Anda dapat lebih percaya diri untuk berkomunikasi dengan orang lain, memiliki kesempatan untuk mengikuti event atau program internasional seperti beasiswa luar negeri maupun student exchange, menambah relasi dari Negara lain, serta lebih mudah untuk mendapat pekerjaan.

Ada beberapa cara untuk menunjang kemampuan bahasa Inggris yang praktis dan mudah untuk dilakukan setiap waktu, antara lain:

  1. Memperbanyak Listening. Kegiatan listening merupakan kegiatan otodidak yang sangat penting untuk kita berlatih bahasa Inggris karena ibarat listening adalah informasi yang Anda serap (input) sedangkan speaking adalah hasil dari penyerapan informasi (output). Oleh karena itu, kedua skill Bahasa Inggris ini saling berpengaruh satu sama lain. Semakin baik kemampuan listening Anda, maka semakin baik juga kemampuan speaking yang Anda miliki. Beberapa kegiatan yang dapat menunjang kemampuan listening Anda yaitu mendengarkan musik yang berbahasa Inggris dan menonton film barat. Lakukan kegiatan tersebut secara konsisten. Dengan begitu Anda akan menjadi lebih terbiasa dalam mendengarkan percakapan dalam bahasa Inggris dan bisa menjadi pondasi dalam mengasah kemampuan berbicara.
  2. Membaca Buku dan Artikel Berbahasa Inggris. Cara belajar Bahasa Inggris otodidak selanjutnya yaitu membaca buku dan artikel berbahasa Inggris. Melalui kegiatan tersebut Anda akan menemukan banyak vocabulary, frase, dan ungkapan baru sehingga akan menunjang kemampuan speaking Anda. Ketika Anda menemukan vocabulary, frase dan ungkapan baru yang belum Anda ketahui, maka Anda akan mencari dan menulis pada memo Anda untuk dihafalkan. Agar lebih mudah, Anda bisa mencoba untuk menghafal kosakata sehari-hari terlebih dahulu dan membuat list kosakata yang sudah berhasil dihafalkan.
  3. Praktek Berbicara dalam Bahasa Inggris. Setelah Anda sudah belajar listening dan reading, Anda bisa berlatih berbicara dengan teman atau partner Anda yang mampu berbahasa Inggris. Anda bisa mencari komunitas Bahasa Inggris di sekitarmu atau teman yang memiliki ketertarikan yang sama denganmu untuk belajar Bahasa Inggris. Dengan adanya partner, Anda bisa mulai untuk praktek berbicara Bahasa Inggris sehingga Anda juga bisa melakukan evaluasi terkait kemajuan hasil belajarmu dari feedback mereka.
  4. Belajar Melalui Podcast. Podcast merupakan hasil rekaman audio yang membahas tentang berbagai topik. Banyak influencer maupun masyarakat umum yang kini menjadikan podcast ini sebagai media mereka untuk membagikan informasi yang dipublish di berbagai platform. Ada beberapa channel podcast yang memberikan pengetahuan dalam menunjang bahasa Inggris, antara lain: 1) Espresso English Podcast; 2) All Ears English; 3) TED Talks Daily; 4) The Level Up English Podcast; 5) Elementary Podcast by the British Council; dan 6) IELTS Podcast – Ben Worthington.
  5. Menggunakan Aplikasi Pendukung. Saat ini banyak aplikasi pendukung yang dapat menunjang kemampuan bahasa Inggris yang dapat digunakan melalui gadget. Banyak aplikasi bahasa Inggris yang telah tersedia di toko aplikasi seperti App Store dan Google Play Store. Adapun aplikasi yang bisa digunakan antara lain: Duolingo, Beelinguapp, Grammarly, Learn Languages: Rosetta Stone, dll.
  6. Mengikuti Kursus Bahasa Inggris. Apabila Anda butuh pendampingan atau lingkungan yang mendukung, Anda bisa mengikuti kursus bahasa Inggris di suatu lembaga. Dengan mengikuti kursus, Anda akan memiliki tutor dan teman-teman yang dapat memberikan dorongan untuk dapat lebih mendalami bahasa Inggris, sehingga Anda akan termotivasi untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris karena melihat teman-teman di sekitar Anda juga berlatih bahasa Inggris.

Demikianlah beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda. Namun jangan lupa untuk terus dilakukan secara continue agar memori vocab yang telah Anda miliki tidak hilang ^^

 

Referensi:

Nabila, Lukita Eva. Cara Belajar Speaking Bahasa Inggris Otodidak, Bisa Cepat Fasih!. Diakses pada 13 Desember 2021 dari https://campuspedia.id/news/cara-belajar-speaking-bahasa-inggris-otodidak/ 

______________. Podcast Bahasa Inggris Ini Bisa Bantu Asah Listening Skill. Diakses pada 13 Desember 2021 dari https://campuspedia.id/news/rekomendasi-podcast-bahasa-inggris/ 

Information