Header Logo
Indonesian
Koleksi
Menunggu respon server .....
Website Yang Dapat Dijadikan Sebagai Rujukan
Penulis : Aidilla Qurotianti Tanggal Publikasi : 14 December 2021

Hadirnya teknologi internet  memudahkan  kita untuk memperoleh informasi atau sumber rujukan tanpa adanya batasan ruang dan waktu. Namun dalam pencarian tersebut diperlukan pengetahuan untuk dapat memilah website yang terpercaya, karena tidak semua informasi yang ada di internet tersebut bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya. Oleh sebab itu kita harus bisa memilah dan memilih website yang dapat dijadikan sebagai sumber rujukan/informasi.

Untuk mencari sumber rujukan/informasi yang kredibel dan terpercaya kita dapat melihat dari jenis domainnya (alamat website). Ada beberapa jenis domain resmi yang dapat dijadikan sebagai sumber rujukan/informasi, yaitu:

  • .ac.id     : domain akademik
  • .or.id     : domain organisasi
  • .go.id atau .gov : domain pemerintah
  • .mil.id    :domain  militer
  • .edu      : domain pendidikan
  • .co.id    : domain resmi khusus perusahaan Indonesia

Selain itu kita juga perlu memperhatikan ciri-ciri website yang dapat dijadikan sebagai pertimbangan apakah website tersebut bisa digunakan sebagai sumber informasi atau tidak. Berikut adalah contoh ciri-ciri website yang dapat dijadikan sebagai sumber rujukan/informasi:

  1. Ada penanggung jawab website. Informasi penanggung jawab dapat dilihat adanya menu “Tentang Kami”, “About”, “Kontak Kami”, “Contast Us”. Dengan adanya informasi tersebut, maka pemilik website tersebut dapat bertanggung jawab apabila terjadi suatu hal pada isi konten website tersebut.
  2. Informasi di dalamnya bersifat objektif. Informasi yang objektif yaitu website tersebut menyajikan informasi yang sesuai dengan fakta, tidak melebih-lebihkan, dan tidak menjelek-jelekkan kelompok lain
  3. Tidak terlalu banyak iklan. Sebuah website yang berkualitas adalah website yang hanya terdapat sedikit iklan.

Demikianlah uraian tentang kriteria website yang dapat dijadikan sebagai sumber rujukan/informasi. Semoga bermanfaat ^^

 

Sumber : Eko. 2017. Kriteria Website yang Bisa dijadikan sebagai Sumber Rujukan. http://www.fpptma.or.id/2017/12/kriteria-website-yang-bis-dijadikan.html (diakses pada tanggal 25 November 2021)

Information