Header Logo
Indonesian
Koleksi
Menunggu respon server .....
Resepsi Milad Muhammadiyah ke-109 Berpusat di Sportorium UMY
Penulis : Aidilla Qurotianti Tanggal Publikasi : 14 December 2021

Kini Muhammadiyah telah memasuki tahun ke-109 pada tanggal 18 November 2021. Persyarikatan Muhammadiyah merayakan Resepsi Milad ke-109 Muhammadiyah yang dilaksanakan secara terpusat di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY ) pada hari Kamis (18/11/2021) secara virtual. Tema pada Milad Muhammadiyah ke-109 yaitu “Optimis Hadapi Covid-19: Menebar Nilai Utama”.

Acara tersebut dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, yaitu  Ir. H. Joko Widodo melalui sambungan virtual dari Istana Negara. “Di usia ke-109 tahun, Persyarikatan Muhammadiyah telah mewarnai perjalanan bangsa, bersinergi, membangun kekuatan, berjuang, merawat dan memajukan Indonesia. Sejarah telah mencatat bahwa Persyarikatan Muhammadiyah tiada henti menebarkan nilai-nilai utama untuk memperkokoh umat muslim yang berkemajuan sebagai kunci meraih martabat insan kamil. Nilai utama Islam berkemajuan dan Islam wasathiyah telah menjadi fondasi moderasi beragama untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara muslim terbesar, yang aman dan demokratis ”, ujar Presiden Jokowi dalam sambutannya secara virtual di Istana Negara.

“Kita patut bersyukur bahwa penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia diapresiasi oleh masyarakat Internasional. Selain itu kita juga patut bersyukur bahwa Indonesia juga dipercaya sebagai ketua di forum G-20. Kita menjadi negara berkembang pertama yang mendapat kepercayaan dan kehormatan besar ini. Ini merupakan pengakuan bahwa kita mampu dan bisa,” ungkap Presiden Jokowi.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum PP Muhammadiyah yaitu Prof. Dr. K.H. Haedar Nashir, M.Si juga menjelaskan “Kunci menghadapi pandemic dan menyelesaikan masalah negeri ialah tekad dan kesungguhan yang kuat disertai ketulusan, kejujuran, keterpercayaan,  kecerdasan, keseksamaan, serta langkah-langkah tersistem yang fokus pada mencari solusi”.

Selain merayakan Resepsi Milad ke-109 Muhammadiyah, UMY juga memperingati peresmian Gedung Dasron Hamid Research & Innovation Center (DHRIC). Prof. Dr. K.H. Haedar Nashir, M.Si menyampaikan bahwa peresmian Gedung Dasron Hamid Research & Innovation Center menjadi sebuah momentum spesial karena bertepatan dengan Milad Muhammadiyah. Beliau juga menambahkan bahwa hal ini juga mencerminkan kepemimpinan Rektor UMY saat ini sebagai penyambung jejak para perintis, pendiri, juga tokoh-tokoh UMY.

Information