Header Logo
Indonesian
Koleksi
Menunggu respon server .....
Tips Menentukan Langkah Karir Setelah Selesai Kuliah
Penulis : Aidilla Qurotianti Tanggal Publikasi : 14 December 2021

Kelulusan merupakan suatu puncak pencapaian yang membahagiakan bagi mahasiswa yang telah berjuang dalam menempuh dunia perkuliahan. Namun setelah itu tidak sedikit mahasiswa yang bingung untuk menentukan langkah karirnya ke depan. Hal tersebut bisa disebabkan salah satunya karena kurangnya informasi tentang berbagai pilihan pekerjaan dan peluang yang ada di dunia industri dana jenis skill yang dibutuhkan. Selain itu persaingan kompetisi dalam mendapatkan pekerjaan juga menjadi tantangan tersendiri bagi setiap individu, termasuk fresh graduate. Menurut Badan Pusat Statistik, jumlah angkatan kerja pada Februari 2021 sebanyak 139,81 juta orang, naik 1,59 juta orang dibanding Agustus 2020. Sejalan dengan kenaikan jumlah angkatan kerja, Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) juga naik sebesar 0,31 persen poin. Dengan kenaikan jumlah ini, otomatis Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) juga semakin tinggi. Hal ini menjadi tantang bagi fresh graduate untuk bisa meningkatkan potensi dan kemampuan yang dimiliki agar dapat bersaing dan mendapatkan karir yang diinginkan. Ada beberapa tips yang akan minpus bagikan agar kamu bisa menentukan langkah karir di era persaingan saat ini, antara lain:

  1. Berpegang Teguh Pada Tujuan Hidup. Motivasi paling ampuh untuk membuatmu terus fokus pada tujuan karirmu adalah dengan tetap berpegang teguh pada tujuan awalmu. dengan begitu kamu bisa menentukan prioritas-prioritas pada hal-hal yang harus kamu kerjakan sehingga kamu bisa mudah merancang planning yang mendukung ke arah karir yang kamu inginkan. 
  2. Membuka Diri Terhadap Hal-Hal Baru. Apabila kamu masih belum memiliki gambaran tentang tujuan kamu ke depan, maka kamu perlu untuk membuka diri terhadap berbagai hal yang beru. Dalam menghadapi dunia baru, kamu harus bisa untuk open minded.  Artinya kamu sudah harus bisa terbuka terhadap hal-hal yang baru tapi tetap dapat menyaring informasi yang penting buat kamu. Hal tersebut perlu dilakukan agar kamu bisa mendapatkan pandangan untuk karirmu ke depan.
  3. Mengikuti Program Magang. Program magang bisa menjadi pilihan kamu ketika kamu ingin mencoba suatu pekerjaan. Kamu bisa mendapatkan pengalaman kerja yang bisa dijadikan sebagai bekal untuk melamar pekerjaan impian. Ketika mengikuti program magang, kamu bisa mengetahui peluang karier apa yang cocok buat kamu, skill apa saja yang harus dimiliki agar bisa bersaing, mengetahui budaya kerja di perusahaan, dan mengetahui problem solving dalam menyelesaikan permasalahan di dunia pekerjaan. Berbagai kesempatan itulah kamu bisa memiliki patokan untuk bisa memilih pekerjaan atau karir yang cocok untuk kamu di masa yang akan datang.
  4. Memperluas NetworkingMeski kamu memiliki banyak teman, kamu perlu selektif dalam memilih teman. Pilihlah teman yang bisa membuat kamu menjadi pribadi yang positif dan dapat memberikan semangat untuk mendukung karirmu di masa depan. Namun meskipun kamu selektif, kamu bisa menjalin pertemanan dengan orang-orang baru yang positif agar kamu memiliki koneksi yang lebih banyak agar nantinya dapat memberikan progress untuk karirmu. Selain itu kamu juga bisa mengetahui berbagai sudut pandang dari relasi kamu sehingga kamu bisa lebih jeli dalam mengambil kesempatan dalam berkarir.
  5. Mendalami Hobi. Mencoba untuk mendalami hobi bisa menjadi pilihan ketika kamu masih belum memiliki rencana. Bahkan kamu juga bisa memulai untuk mendalami hobi ketika kamu masih di duduk di bangku kuliah. Kamu bisa mengetahui passion yang kamu miliki sehingga bisa membantumu untuk menentukan karier kedepannya.

Information