Header Logo
Indonesian
Koleksi
Menunggu respon server .....
Ngobrol Investasi Saham bersama Perpustakaan UMY
Penulis : Aidilla Qurotianti Tanggal Publikasi : 14 December 2021

Pada hari Selasa (02/11/21) Perpustakaan UMY mengadakan acara “Ngobrol Bisnis #1” dengan tema “Investasi Saham Bagi Pemula” yang disiarkan secara langsung melalui Live IG Perpustakaan UMY ( @perpustakaan_umy). Narasumber pada acara tersebut yaitu Fitra Prasapawidya Purna, S.E., M.Sc  yang merupakan Staff Pengajar Prodi Ekonomi UMY. Tujuan acara tersebut adalah memberikan pengetahuan  dan pemahaman kepada masyarakat khususnya mahasiswa agar melek investasi saham sejak dini sehingga mereka bisa lebih bijak untuk menentukan strategi dalam berinvestasi.

Acara berlangsung selama 30 menit dengan dihadiri oleh beberapa mahasiswa dan masyarakat umum. Selama acara berlangsung, Fitra Prasapawidya Purna, S.E., M.Sc menjelaskan berbagai perihal tentang investasi saham bagi pemula khususnya kaum milenial. Beliau menjelaskan bahwa dalam berinvestasi saham harus melihat profil perusahaan sekuritas terlebih dahulu. “Cara untuk memulai berinvestasi yaitu bisa melalui aplikasi yang tersedia di App Store tapi pastikan sudah berizin dari OJK atau bisa melalui perusahaan sekuritas yang sudah besar. Selain itu pastikan teman-teman sudah memahami konsep dari jual beli atau berinvestasi di saham”  ujarnya.

Dalam sesi tersebut beliau juga menjelaskan bahwa dalam berinvestasi juga perlu kehati-hatian dalam memilih perusahaan sekuritas untuk menghindari berbagai resiko dalam berinvestasi seperti capital loss atau likuidasi. “Jangan meletakkan telur-telur dalam satu keranjang. Jangan hanya berinvestasi hanya di satu perusahaan, tapi tempatkanlah dana investasimu di beberapa perusahaan yang baik. Tujuannya agar kamu masih memiliki cadangan investasi di tempat lain ketika ada salah satu perusahaan sekuritas collaps atau tiba-tiba menurun nilai sahamnya. Dengan begitu keseluruhan jenis investasi kamu tidak jatuh nilainya secara keseluruhan”.

Diharapkan dari diadakannya acara tersebut dapat memberikan edukasi bagi masyarakat terutama mahasiswa untuk melek investasi. Fitra Prasapawidya Purna, S.E., M.Sc  juga berpesan kepada mahasiswa UMY untuk jangan berinvestasi di saham hanya kerena ikut-ikutan atau sedang trend, tetapi karena memahami tujuan dari berinvestasi dan juga jangan asal berinvestasi.

 

Follow Medsos Perpustakaan UMY untuk mendapatkan informasi terbaru

Information