Header Logo
Indonesian
Koleksi
Menunggu respon server .....
Tips Mengerjakan Skripsi agar Cepat Lulus Tepat Waktu
Penulis : Aidilla Qurotianti Tanggal Publikasi : 14 December 2021

Seorang mahasiswa harus menjalani proses pembuatan tugas akhir/skripsi untuk mendapatkan gelar sarjana. Proses penyusunan skripsi membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan membutuhkan proses yang gigih agar skripsi dapat segera selesai. Namun terkadang kita merasa kesulitan dalam menyelesaikan skripsi karena beberapa faktor penghambat, sehingga pengerjaan skripsi menjadi terhambat atau bahkan tidak selesai tepat waktu. Berikut minpus bagikan tips agar skripsi Anda cepat selesai dan bisa lulus tepat waktu :

  1. Memilih Topik dan Metode Penelitian yang Dikuasai. Memahami topik penelitian merupakan hal paling penting dalam pengerjaan skripsi.  Pilihlah topik yang Anda minati dan sesuai dengan jurusan Anda. Hal tersebut dilakukan agar Anda dapat lebih fokus dan paham tentang apa yang sedang Anda teliti. Selain itu Anda juga bisa menikmati segala proses penelitian dengan senang hati.
  2. Menjalin Komunikasi Baik dengan Dosen Pembimbing. Selain itu Anda juga harus menjalin komunikasi baik dengan dosen pembimbing, salah satunya dengan rajin dalam berkonsultasi dengan dosen pembimbing. Dosen pembimbing akan senang apabila mahasiswa yang dibimbing dapat aktif dan memiliki semangat yang tinggi dalam mengerjakan skripsinya.
  3. Hindari Kegiatan yang Banyak Menyita Waktu. Kegiatan yang terlalu banyak menyita waktu dapat mengurangi kesempatan yang seharusnya dapat digunakan untuk mengerjakan skripsi. Sebaiknya Anda lebih selektif dalam mengurangi bahkan meninggalkan kegiatan tersebut, sehingga dapat lebihberkonsentrasi pada penyelesaian skripsi.
  4. Membuat Deadline Skripsi. Anda perlu membuat deadline dalam mengerjakan skripsi dengan membuat timeline target setiap minggunya. Misal target yang bisa Anda buat adalah menyelesaikan BAB I dalam waktu 1 bulan. Cara ini bisa menjadi sebuah “alarm” bagi diri Anda sendiri agar lebih semangat dalam menyelesaikan target Anda. Selain itu Anda juga perlu membuat jadwal khusus seperti jadwal bertemu dosen pembimbing, jadwal mencari referensi, jadwal penelitian dan lain sebagainya.
  5. Selalu Ingat Perjuangan Orang Tua. Terkadang dalam mengerjakan skripsi kita merasa malas dan lelah. Pada saat itu Anda harus ingat bahwa orang tua Anda sedang berjuang untuk membiayai kuliah dan selalu menunggu kabar baik kelulusan Anda hingga wisuda.

 

Follow Medsos Perpustakaan UMY untuk mendapatkan informasi terbaru

Information