Header Logo
Indonesian
Koleksi
Menunggu respon server .....
Ide Kreatif untuk Skripsi dan Proposal PKM
Penulis : Novy Diana Fauzie Tanggal Publikasi : 03 July 2019

Bagaimana menentukan judul skripsi dan PKM yang baik?

Oki Wiijaya selaku ketua Divisi PKM LPKA UMY mengatakan bahwa, sering kita berfikir terlalu rumit karena kita kurang peka dalam melihat fenomena yang ada. Karena apa ? karena jarang membaca, atau salah bahan bacaan. Demikian Oki narasumber Pelatihan Mencari Ide Kreatif dalam Pembuatan Skripsi dan Proposal PKM pada tanggal 11 Mei 2019 di Perpustakaan UMY.

Oki menambahkan ada trik dan Tips agar ide kreatif kita dapat muncul yaitu:

1. Membaca Buku. Dengan membaca maka akan semakin banyak kosakata yang dapat kita keluarkan dalam bentuk tulisan. Pilihan kata akan semakin berfariasi. Selain itu pemilihan kata dan pembuatan kalimatnya akan semakin mudah diahami.

2. Mendengarkan dan membaca Berita. Fenomeda yang terjadi sekarang ini, saat ini akan ditemukan dari berita baik di media online maupun media cetak. Dengan membaca berita yang up to date, yaitu paling baru, maka kita bisa menemukan hal yang menarik dan belum banyak diteliti orang lain.

3. Berdiskusi. ketika kita jarang membaca ataupun sudah sering membaca, sering kali point of view yang kita miliki berbeda dengan yang dimiliki oleh orang lain. bahkan meskipun bahan bacaan yang kita baca adalah sama. Karena apa, karena masing masing orang memiliki pengalaman hidup yang berbeda beda.

4. Berkomunitas.

dan ada 4 point dalam mencari ide kreatif dalam pembuatan proposal skripsi maupun PKM yaitu harus trending Topik, memberi manfaat, menyesuaikan waktu penelitian dan yang terakhir adalah menyesuaikan dengan anggaran 

Information