Header Logo
Indonesian
Koleksi
Menunggu respon server .....
Nonton Bareng Film Nyai Ahmad Dahlan
Penulis : Novy Diana Fauzie Tanggal Publikasi : 21 May 2018

 

Nonton Bareng Film Nyai Ahmad Dahlan

“Merajut Benang Merah Meneguhkan Ikatan Persyarikatan” menjadi  tema dalam acara NOBAR (NONTON BARENG) Muhammadiyah Corner Perpustakaan UMY. Acara Nonar dilaksanakan pada tanggal  30 April 2018 di ruang Minitheater Gd Perpustakaan UMY.

Nobar  mempersembahkan sebuah film garapan Dyah kalsit tentang perjalanan hidup, romantisme gerakan, fisioner, pembaharu organisasi perempuan muslim pertama di Indonesia. Pejuang kemerdekaan yang diangkat adalah Nyai Walidah atau biasa disebut Nyai Ahmad Dahlan.   

Muhammadiyah Corner menghadirkan langsung Dyah Kalsit (Produser Film Nyai Ahmad Dahlan). Selain iti juga menghadirkan ibu Hadiroh Ahmad yang merupakan tokoh organisasi ‘Aisyiyah yang juga salah satu cicit Kyai Haji Ahmad Dahlan.

Diharapkan dengan adanya Nobar film “Nyai Ahmad Dahlan” civitas akademika UMY mampu mengenal lebih dekat siapa sosok Nyai Walidah. Bagaimana peranan Nyai Walidah terhadap ‘Aiyiyah sebagai organisasi perempuan muslim pertama di Indonesia, serta sekaligus istri Kyai Ahmad Dahlan sebagai Ketua Organisasi Muhammadiyah waktu itu. Ditengah keterbatasan dalam berjuang, berdakwah juga membesarkan organisasi Muhammadiyah serta ‘Aiyiyah di era kolonialisme penjajahan Belanda maupun Jepang.

Dalam film ini civitas akademika juga akan melihat lebih dekat beberapa tokoh muhamadiyah maupun ‘Aiyiyah sebagai Assabiqunal Awwalun tokoh-tokoh pendahulu yang mengawali berdirinya organisasi tersebut seperti Kyai H. Ibrahim, Kyai H. Hisyam, Kyai H. Mas Mansyur dan juga Kyai H. Fahruddin sebagai tokoh yang mengusulkan nama ‘Aiyiyah sebagai nama organisasi yang sebelumnya berawal dari komunitas pengajian ibu-ibu yang dibina langsung oleh Nyai Ahmad dahlan yaitu “sopo tresno”.

Lebih lanjut Muhammadiyah Corner Perpustakaan UMY berharap mampu memberikan selalu mengenalkan  tentang tokoh dan perjuangan yang sudah dilaksanakan para pendahulu kita di Muhammadiyah maupun ‘Aiyiyah kepada civitas akademika UMY.

Information