Header Logo
Indonesian
Koleksi
Menunggu respon server .....
“SEMINAR LITERATURE REVIEW”
Penulis : Arda Putri Winata Tanggal Publikasi : 19 May 2018

 Pada tanggal 9 Mei 2018, Perpustakaan mengadakan Seminar Literature Review. Bertempat di Stadium General Fakultas Teknik Gedung F1 lantai 2. Acara ini dihadiri sekitar 60 peserta dari beberapa perguruan tinggi di Yogyakarta, yaitu mahasiswa-mahasiswa UMY, mahasiswa UST, dan mahasiswa UIN, dan Universitas lainnya. Nara Sumber dalam seminar literature bapak Winny Setyonugroho Ph.D. Beliau merupakan dosen Magister Manajemen Rumah Sakit UMY yang konsen dalam bidang penulisan.

             Seminar Literature Review ini adalah acara seminar kedua yang di adakan oleh perpustakaan UMY yang sebelumnya diadakan pada tahun 2017. Seminar ini merupakan salah satu acara dari rangkaian pekan perpustakaan yang bertujuan untuk mengetahui lebih dalam mengenai ruang lingkup penelitian.

Point penting yang dibahas dalam seminar ini yaitu terkait dengan bagaimana cara mencari teori dan menemukan bahan penelitian dari berbagai bahan rujukan yang dijadikan acuan dalam penelitian. Dijelaskan juga mengenai bagaimana membetuk sebuah kerangka teori untuk topik penelitian dan mengetahui isu-isu utama penelitian. Selain itu, mengkaitkan penelitian saat ini dengan dengan penelitian terdahulu yang berkesinambungan.

Dalam sambutannya mewakili kepala perpustakaan UMY, Ibu Novy Diana Fauzie, M.A. selaku Kepala urusan  manajemen pengetahuan dan system informasi menjelasakan bahwa berkaitan dengan SK Rektor tentang Pedoman Penulisan Tugas Akhir Bagi Mahasiswa, bahwa mahasiswa wajib menggunakan rujukan jurnal internasional dan mengecek karya mereka menggunakan turnitin. Mengingat pentingnya kegiatan ini maka diharapkan dapat dilakukan secara rutin.

             

Information