Header Logo
Indonesian
Koleksi
Menunggu respon server .....
Perpustakaan UMPurworejo Belajar Manajemen Perpustakaan di UMY
Penulis : Novy Diana Fauzie Tanggal Publikasi : 14 December 2021

Selasa 26 Januari lalu, Perpustakaan UM Purworejo berkunjung ke UMY untuk belajar mengenai Manajemen Perpustakaan kepada Perpustakaan UMY. Hal tersebut dilakukan karena belum lama ini terjadi perubahan manajemen di perpustakaan UMP dan perlu adanya pembelajaran kepada perpustakaan UMY yang telah terakreditasi A, dan lagi kepla perpustakaan UMY adalah Pak Lasa HS, pengarang buku Manajemen Perpustakaan, demikian disampaikan oleh Hanung Dhidhik Arifin, SPt,MSi., kepala perpustakaan UMP dalam sambutannya.

Menanggapi keinginan belajar dari kepala dan 3 staf perpustakaan UMP tersebut, Lasa HS, kepala Perpustakaan UMY mengatakan bahwa elemen penting ketika memanajemen perpustakaan adalah adanya Sumber Daya Manusia yang berkompeten yaitu yang mempunyai kemampuan sesuai yang dibutuhkan misalnya Ilmu perpustakaan, bahasa Inggris, Bahasa Arab ataupun IT dan lain lain. selanjutnya adalah manajemennya, kepalanya harus paham dengan ilmu manajemen ya SDM, Keuangan, pemasaran, dan komunikasi tentunya, dan yang terakhir adalah adanya dukungan dari lembaga induk.

Itulah pentingnya manajemen, mengetahui langkah apa saja yang harus diambil berdasarkan pada skala prioritasnya, sehingga harus melakukan analisis SWOT terlebih dahulu terhadap UMP, setelah itu mengembangkan kekuatannya untuk sedikit menutup kekurangannya. Pembenahannya pun bertahap, jangan lompat lompat ataupun terlalu tinggi dulu keinginannya, takutnya kecetit, sambungnya.

Silaturahmi ini diharapkan dapat menularkan atmosfir akademik di perpustakaan UMY kepeda perpustakaan UMP, pungkasnya.

Information