Terakreditasi A

Perpustakaan Nasional RI

Menumbuhkan Semangat Pemuda melalui Buku “Aku Cinta Muhammadiyah”

Facebook
Twitter
LinkedIn

Judul             : Aku Cinta Muhammadiyah

Penulis          : Rusli Siri, S.Pd., MM.

Penerbit         : Erlangga

ISBN              : 978-602-0935-84-3

Buku yang berjudul “Aku Cinta Muhammadiyah” karya Rusli Siri, S.Pd., MM merupakan buku Muhammadiyah karya Rusli Siri yang berisi tentang sejarah berdirinya Muhammadiyah mulai dari ideology, pendidikan, dan berbagai gerakannya yang fenomenal. Selain itu terdapat juga pembahasan mengenai sosok pendiri organisasi Muhammadiyah, yaitu K.H. Ahmad Dahlan dan gerakan perempuan ‘Aisyiyah yang merupakan gerakan pemudi perempuan Muhammadiyah. Penulis juga menyajikan paparannya tentang kepemudaan secara khusus dalam satu bagian. Organisasi kepemudaan tersebut kemudian berkembang di antaranya menjadi: Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM). Peran organisasi kepemudaan Muhammadiyah tentu menjadi hal penting dalam membangun bangsa ini.

Pada bagian terakhir dibahas mengenai strategi Muhammadiyah dalam mengarungi zaman pada abad kedua sejak pendiriannya. Tentunya di abad kedua ini para pelajar Muhammadiyah sangat membutuhkan pengetahuan kemuhammadiyahan secara komprehensif sehingga dapat siap melanjutkan tingkat kepemimpinan organisasi ini. Hal tersebut merupakan tantangan tersendiri bagi Muhammadiyah sekaligus peluang besar dalam mengembangkan organisasi agar dapat memelihara kemajemukan bangsa dan negara Indonesia.

Buku “Aku Cinta Muhammadiyah” ini memiliki beberapa keunggulan antara lain: 1) buku ini penuh dengan pesan-pesan religi; 2) bahasanya mudah dipahami oleh semua kalangan; dan 3) memberikan semangat kemuhammadiyahan kepada para pemuda. Buku ini diharapkan bisa menjadi salah satu modal dasar untuk memahami sejarah dan seluk-beluk organisasi Muhammadiyah yang kini telah berumur lebih dari satu abad. Bagi yang ingin membaca lebih lanjut isi buku ini silahkan datang ke Perpustakaan UMY Gd. D Lt. 3.

More to explorer

Cara Akses Skripsi, Tesis dan Disertasi

Saat ini, Perpustakaan UMY hanya menyimpan skripsi, tesis, dan disertasi dalam bentuk soft file. Masyarakat umum hanya dapat mengakses halaman judul, abstrak, dan Bab I dari karya-karya tersebut. Namun sivitas akademika UMY memiliki beberapa opsi untuk bisa mengakses teks lengkap dari skripsi, tesis, dan disertasi.

Cara Akses Database

Untuk bisa akses database yang dilanggan oleh Perpustakaan Nasional RI, kamu harus melakukan pendaftaran terlebih dulu dengan cara klik daftar, setelah itu baru kemudian klik tombol akses