Terakreditasi A

Perpustakaan Nasional RI

Mengenal Lebih Dekat Dengan Perpustakaan Melalui User Education 2023

Facebook
Twitter
LinkedIn

Salah satu fungsi dari Perpustakaan Perguruan Tinggi adalah mendukung pelaksanaan riset yang dilakukan oleh civitas akademika melalui penyediaan informasi dan sumber-sumber informasi untuk keperluan penelitian pengguna. Selain itu perpustakaan juga memiliki beragam fungsi seperti fungsi fungsi pendidikan, fungsi rekreasi, dan fungsi informasi. Oleh karena itu Perpustakaan UMY menyediakan fasilitas dan layanan yang dapat dimanfaatkan oleh pemustaka khususnya mahasiswa.

Namun belum semua mahasiswa khususnya mahasiswa baru mengetahui bagaimana cara memanfaatkan fasilitas dan layanan di Perpustakaan UMY secara efektif dan efisien. Oleh karena itu Perpustakaan UMY menyelenggarakan Pendidikan Pemakai (User Education) untuk membimbing mahasiswa baru UMY untuk menggunakan fasilitas dan layanan perpustakaan secara maksimal.

Pendidikan pemakai (user education) adalah kegiatan untuk memperkenalkan kepada mahasiswa baru tentang  fasilitas, layanan, cara memanfaatkan sumber daya informasi yang ada di Perpustakaan UMY. Tujuan utama diadakannya kegiatan pendidikan pengguna perpustakaan adalah untuk memperkenalkan ke pemakai bahwa perpustakaan adalah suatu sistem yang didalamnya terdapat koleksi dan sumber informasi lain.

Kegiatan yang akan diselenggarakan pada tanggal 2 – 7 Oktober 2023 ini akan dilaksanakan secara online via Zoom dan offline di Public Space lantai 1 Perpustakaan UMY. Bagi teman perpus yang belum bergabung  silakan segera mendaftarkan diri melalui link berikut https://linktr.ee/ueumy.

Materi user education dapat diunduh melalui link ini

More to explorer

Cara Akses Skripsi, Tesis dan Disertasi

Saat ini, Perpustakaan UMY hanya menyimpan skripsi, tesis, dan disertasi dalam bentuk soft file. Masyarakat umum hanya dapat mengakses halaman judul, abstrak, dan Bab I dari karya-karya tersebut. Namun sivitas akademika UMY memiliki beberapa opsi untuk bisa mengakses teks lengkap dari skripsi, tesis, dan disertasi.

Cara Akses Database

Untuk bisa akses database yang dilanggan oleh Perpustakaan Nasional RI, kamu harus melakukan pendaftaran terlebih dulu dengan cara klik daftar, setelah itu baru kemudian klik tombol akses