Terakreditasi A

Perpustakaan Nasional RI

Memeriahkan Hari Kunjung Perpustakaan dengan Berbagi Souvenir

Facebook
Twitter
LinkedIn

Setiap tahunnya pada tanggal 14 September diperingati sebagai Hari Kunjung Perpustakaan. Peringatan spesial ini menjadi momentum untuk menggerakkan produktivitas, kemampuan, serta cita-cita bangsa melalui kegiatan membaca. Dalam rangka memeriahkan hari spesial tersebut, Perpustakaan UMY membagikan souvenir untuk 10 pengunjung pertama (14/09). Selain itu pengunjung juga diminta untuk menuliskan harapannya di kertas berwarna yang nantinya akan digantungkan di pohon harapan yang telah disediakan di perpustakaan. Selain agar pengunjung mengetahui adanya hari kunjung perpustakaan, perayaan tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan minat kunjung mahasiswa ke Perpustakaan UMY.

Menurut laman Perpusnas RI, Hari Kunjung Perpustakaan ini berawal dari Ketetapan Presiden Soeharto kepada Kepala Perpustakaan Nasional RI dengan surat nomor 020/A1/VIII/1995 pada 11 Agustus 1995. Surat itu berisi usulan pencanangan Hari Kunjung Perpustakaan pada 14 September 1995. Presiden Soeharto memiliki harapan dengan adanya ketetapan tersebut dapat memberikan tujuan yang positif bagi gerakan aktivis intelektual di Indonesia, terutama di dalam menyebarkan budaya membaca generasi bangsa Indonesia.

More to explorer

Cara Akses Skripsi, Tesis dan Disertasi

Saat ini, Perpustakaan UMY hanya menyimpan skripsi, tesis, dan disertasi dalam bentuk soft file. Masyarakat umum hanya dapat mengakses halaman judul, abstrak, dan Bab I dari karya-karya tersebut. Namun sivitas akademika UMY memiliki beberapa opsi untuk bisa mengakses teks lengkap dari skripsi, tesis, dan disertasi.

Cara Akses Database

Untuk bisa akses database yang dilanggan oleh Perpustakaan Nasional RI, kamu harus melakukan pendaftaran terlebih dulu dengan cara klik daftar, setelah itu baru kemudian klik tombol akses