Terakreditasi A

Perpustakaan Nasional RI

Inspirasi Menemukan Judul Skripsi

Facebook
Twitter
LinkedIn

Mendapatkan judul adalah tahap awal dalam menulis skripsi. Bukanlah tugas yang mudah untuk menemukan judul skripsi yang menarik. Judul skripsi harus dibuat secara inovatif, menarik, relevan dan juga sesuai dengan bidang ilmu yang kita pelajari. Lalu bagaimana cara menemukan judul skripsi yang menarik? Yuk simak tips di bawah ini!

  1. Menyesuaikan Judul Skripsi dengan Minat
    Cari tau topik mata kuliah apa yang kamu minati sesuai dengan jurusan yang kamu ambil. Menyesuaikan judul skripsi dengan minat sangat penting, karena dapat mendorong kamu untuk tetap semangat dalam menyelesaikannya. Setelah menemukan topik yang kamu minati, kamu harus rajin membuka situs-situs yang berkaitan dengan topik yang ingin kamu angkat tersebut sebagai judul skripsi.
  2. Membuat Mind Mapping
    Ketika kamu sudah memiliki minat pada salah satu mata kuliahmu namun masih bingung untuk mencari topik, kamu bisa menjabarkannya dengan membuat mind mappingMind Mapping adalah cara mencatat yang kreatif, efektif, dan secara harfiah akan memetakan pikiran kita. Membuat mind mapping juga dapat meningkatkan pemahaman terhadap materi dan akan kita bisa menemukan hal yang baru.
  3. Membaca Artikel Jurnal Ilmiah
    Teman perpus bisa mendapatkan inspirasi dari membaca jurnal ilmiah 5 tahun terakhir. Bacalah artikel jurnal ilmiah tersebut secara mendalam dan korek informasinya yang ada di dalamnya. Tidak jarang suatu artikel jurnal pasti ada “kekurangan” data atau bahkan masih butuh informasi tambahan. Kamu bisa memanfaatkan celah “kekurangan” tersebut dengan menjadikan jide baru untuk bisa dikembangkan menjadi judul skripsi kamu. Inget ya teman perpus, kesempatan tersebut bukan digunakan untuk melakukan plagiasi, tetapi sarana untuk mengembangkan penelitian sehingga menjadi judul skripsi baru yang menarik.
  4. Mengembangkan Skripsi Kakak Tingkat
    Membaca naskah skripsi kakak tingkat juga bisa menjadi alternatif kamu untuk mendapatkan ide topik penelitian. Kamu bisa mencari judul skripsi kakak tingkat yang sesuai dengan minat kamu, setelah itu baca garis besar informasi di dalamnya. Ini adalah cara mendapatkan inspirasi yang mudah untuk ide skripsi. Cukup ambil inspirasi, lalu modifikasi atau subtitusikan variabel penelitian dengan fenomena yang belum pernah diteliti sebelumnya.
  5. Diskusi dengan Kakak Angkatan
    Bila perlu kamu juga bisa berdiskusi atau bertukar pikiran dengan kakak angkatanmu untuk membahas topik skripsi yang ingin kamu angkat. Jangan ragu untuk meminta minta pendapat dan masukannya.
  6. Membaca Situs Berita Tepercaya 
    Kamu akan mendapatkan informasi terbaru yang bisa melahirkan ide-ide penelitian melalui situs berita terpercaya. Kamu akan memperoleh banyak wawasan dari aktivitas membaca dari berbagai referensi situs berita ataupun media cetak tersebut. Fenomena-fenomena yang terjadi sekarang ini bisa menjadi rumusan masalah untuk skripsi.
  7. Mengikuti Mata kuliah dan Seminar
    Cobalah untuk mengikuti seminar atau workshop yang berhubungan dengan ide dan minat kamu, sehingga kamu bisa mengumpulkan lebih banyak informasi terkait minat tersebut. Selain itu wawasan kamu juga akan bertambah luas karena kamu akan mendapatkan banyak informasi baru yang akan kamu dapatkan.
  8. Konsultasi dengan Dosen Pembimbing
    Apabila kamu sudah memiliki judul penelitian, segeralah berkonsultasi dengan dosen pembimbing kamu untuk meminta pendapat dan masukannya.

More to explorer

Cara Akses Skripsi, Tesis dan Disertasi

Saat ini, Perpustakaan UMY hanya menyimpan skripsi, tesis, dan disertasi dalam bentuk soft file. Masyarakat umum hanya dapat mengakses halaman judul, abstrak, dan Bab I dari karya-karya tersebut. Namun sivitas akademika UMY memiliki beberapa opsi untuk bisa mengakses teks lengkap dari skripsi, tesis, dan disertasi.

Cara Akses Database

Untuk bisa akses database yang dilanggan oleh Perpustakaan Nasional RI, kamu harus melakukan pendaftaran terlebih dulu dengan cara klik daftar, setelah itu baru kemudian klik tombol akses