Terakreditasi A

Perpustakaan Nasional RI

Hah, Ternyata ada Negara yang Puasanya Hampir Satu Hari Full!

Facebook
Twitter
LinkedIn

Yo, Sobat Perpus! Tahu nggak sih, kalau ada beberapa spot di dunia ini yang jadi langganan puasa marathon setiap Ramadhan? Yup, di tahun 2024 ini, beberapa negara bener-bener ngalamin yang namanya puasa super panjang, melebihi drama Korea yang episode-nya banyak itu loh. Penasaran? Cekidot daftarnya!

  1. Islandia: Tempatnya Para Viking Berpuasa

Bayangin deh, di Islandia, yang notabene jauh di utara itu, Sobat Perpus di sana tuh puasa sampai sekitar 20 jam! Iya, beneran, kayak nonton dua season web series tanpa skip. Reykjavik, ibu kotanya, bener-bener kasih tantangan puasa ekstrem dengan daylight yang super panjang.

  1. Norwegia: Negeri Matahari Tengah Malam

Di Norwegia, terutama di bagian utaranya, puasa bisa sampai 19-20 jam per hari, guys. Kota-kota seperti Tromsø itu unik, mataharinya enggak mau tidur di musim tertentu. Jadi, bisa bayangin dong, challenge buat Sobat Perpus di sana?

  1. Swedia: Saat Puasa Nyaris Sehari Penuh

Kiruna, di Swedia, juga nggak kalah, bro. Puasa di sini bisa tembus 19 jam! Tapi, tenang, komunitas Muslim di sana udah punya cara jitu untuk tetap semangat menjalani ibadah dengan ngikutin fatwa yang lebih flexible.

  1. Finlandia: Dimana Malam Selalu Muda

Nah, kalau di Finlandia, terutama di Rovaniemi, Sobat  harus siap-siap berpuasa sampai hampir 19 jam juga. Tapi, vibe Ramadhannya tetap warm dan cozy, karena komunitas Muslim di sini tuh solid banget.

  1. Rusia: Puasa di Atas Awan

Last but not least, Murmansk di Rusia, yang ada di Lingkaran Arktik, juga punya durasi puasa yang wow banget, sampai 20 jam! Bayangin aja, puasa sambil menikmati fenomena alam matahari tengah malam

 

Puasa super panjang di negara-negara ini bukti kalau Sobat Perpus di mana pun tetap bisa menjalankan ibadah dengan semangat yang full, ga peduli seberapa panjang hari itu. Ini ngebuktiin, Ramadhan itu bukan cuma tentang menahan lapar dan haus, tapi juga tentang how kita handle challenges dengan sabar dan tetap chill. So, tetap semangat menjalani ibadah puasa, ya, Sobat Perpus! Keep the faith and stay cool!

More to explorer

Cara Akses Database

Untuk bisa akses database yang dilanggan oleh Perpustakaan Nasional RI, kamu harus melakukan pendaftaran terlebih dulu dengan cara klik daftar, setelah itu baru kemudian klik tombol akses