Terakreditasi A

Perpustakaan Nasional RI

Enam Hal yang Perlu Dipersiapkan Menjelang Bulan Ramadhan

Facebook
Twitter
LinkedIn

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat dinantikan oleh seluruh umat muslim di dunia karena kemuliaannya. Khususnya yaitu momen puasa ramadhan yang mana bulan suci ini dikenal sebagai bulan yang penuh ampunan. Rukun Islam ketiga ini wajib hukumnya untuk dilakukan oleh seluruh umat Muslim. Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadhan 1444 H jatuh pada 23 Maret 2023. Penentuan awal puasa oleh Muhammadiyah ini berdasarkan hasil hisab yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Dalam menjalani puasa ramadhan dibutuhkan persiapan yang baik dari mental maupun fisik. Secara mental kita harus mulai mempersiapkan diri dengan hati yang tulus dan ikhlas untuk mendekatkan diri dengan yang mahakuasa. Disamping itu, agar tubuh sehat selama menjalankan puasa kita juga harus mempersiapkan kebutuhan serta asupan yang bernutrisi bagi tubuh. Berikut ini merupakan hal-hal yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan puasa ramadhan 2023:

  1. Melunasi Hutang Puasa Tahun Lalu
    Membayar utang puasa tahun lalu adalah persiapan menyambut Ramadhan bagi muslimah, karena wanita diberi keringanan untuk tidak berpuasa dulu ketika masa haidnya tiba. Pasalnya, salah satu syarat puasa Ramadhan adalah suci dari haid ataupun masa nifas. Puasa yang ditinggalkan sebelumnya dapat dibayar dengan melakukan qadha puasa. Selain wanita yang sedang haid, ada beberapa kategori lainnya juga yang diperbolehkan untuk meninggalkan puasa, yaitu orang tua renta, orang yang sedang sakit parah, ibu hamil, dan ibu menyusui.
    Nantinya, mereka yang meninggalkan puasa Ramadhan dan tidak mampu untuk melakukan qadha dapat membayar utang puasanya tersebut dengan mengeluarkan fidyah.
  2. Persiapan Fisik, Jiwa, dan Mental
    Ramadhan merupakan bulan yang ketika kita melakukan kebaikan maka kita akan mendapatkan pahala yang berlipat, ibadah sunnah akan mendapatkan pahala wajib, dan pahala ibadah wajib berlipat-lipat, sangat disayangkan apabila kita tidak bisa memanfaatkan Bulan Ramadhan sebaik mungkin karna kondisi fisik kita. Persiapan fisik yang bisa dilakukan yaitu berolah raga secara teratur, banyak minum air putih dan lengkapi asupan vitamin.
    Tidak hanya fisik yang harus disiapkan untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan, tapi mental dalam diri masing-masing individu juga harus disiapkan dengan sebaik mungkin. Sebab, alangkah baiknya jika kita menyambut bulan Ramadhan dengan hati yang tulus dan jiwa yang bersih. Dengan demikian, maka kesulitan dan sikap malas dalam ibadah bisa diatasi dan dihilangkan. Ibadah pun menjadi terasa mudah dan menyenangkan.
  3. Berlatih Menahan Diri
    Puasa adalah ibadah dalam agama Islam yang dilakukan dengan cara menahan hawa nafsu sejak mulai terbitnya fajar hingga matahari terbenam. Selama berpuasa, umat muslim tidak diperbolehkan untuk makan, minum, merokok, maupun berhubungan seksual dengan pasangan.
    Namun, ada beberapa umat muslim yang merasa kesulitan untuk menahan hawa nafsunya selama berpuasa. Untuk mengatasi hal tersebut, umat muslim bisa mulai melatih dirinya untuk menahan hawa nafsu sejak sebelum bulan Ramadhan tiba.
  4. Perdalam Ilmu dan Pengetahuan Agama
    Mulailah untuk mempelajari beberapa hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan selama berpuasa. Tidak hanya itu, umat muslim juga bisa mempelajari tentang tata cara ibadah yang baik dan benar sesuai dengan syariat Islam. Kegiatan ini boleh dilakukan sebelum memasuki bulan Ramadhan, sehingga selama berpuasa nanti kita bisa beribadah secara lebih optimal dan afdal
  5. Membersihkan Rumah dan Lingkungan Sekitar
    Salah satu tradisi yang masih sering dilakukan menjelang bulan Ramadhan adalah membersihkan lingkungan rumah. Rumah yang bersih akan mendatangkan kenyamanan dan kedamaian dalam beribadah. Islam memerintahkan kita untuk selalu hidup bersih dan sehat. Hal ini terbukti dengan perintah Islam untuk berthaharah (membersihkan) baik badan maupun tempat ibadah. Untuk mewujudkan lingkungan yang sehat, maka kita perlu menjaga kebersihan di rumah dan di sekitar lingkungan kita.
  6. Persiapkan Materi
    Agar dapat memanfaatkan keberkahan bulan Ramadhan, maka sepatutnya seorang muslim menyiapkan sebahagian hartanya sebelum kedatangan bulan Ramadhan untuk diinfakkan dan disedekahkan pada bulan Ramadhan nantinya. Semakin banyak kita memberi makan semakin banyak pula ganjaran pahala yang kita terima di Bulan Ramadhan. Selain itu, persiapan finansial ini juga sangat bermanfaat untuk keperluan bersahur dan berbuka puasa. Terlebih lagi bila ingin menu berbuka puasa mencukupi dan sesuai dengan standar gizi yang diperlukan oleh tubuh kita.

Demikianlah di antara berbagai persiapan yang dapat kita lakukan dalam menyambut kedatangan tamu yang agung dan mulia yang bernama Ramadhan. Mari kita sambut kedatangan bulan Ramadhan dengan penuh kegembiraan, keimanan dan keikhlasan. Raihlah berbagai keutamaan yang dibawa oleh Ramadhan dengan melakukan berbagai amal shalih sesuai sunnah atau petunjuk Rasul saw .

 

 

Sumber:

https://yatimmandiri.org/blog/inspirasi/persiapan-menyambut-ramadhan/

https://suaramuhammadiyah.id/2023/03/13/6-langkah-persiapan-menyambut-ramadhan/

More to explorer

Peran Muhammadiyah dalam Memajukan NKRI

Judul : Jalan Panjang Membangun Indonesia Berkemajuan Penulis: Tim Penulis Majelis Pustaka & Informasi PP.Muhammadiyah Penerbit: Yogyakarta: Majelis Pustaka & Informasi PP.Muhammadiyah,

Cara Akses Skripsi, Tesis dan Disertasi

Saat ini, Perpustakaan UMY hanya menyimpan skripsi, tesis, dan disertasi dalam bentuk soft file. Masyarakat umum hanya dapat mengakses halaman judul, abstrak, dan Bab I dari karya-karya tersebut. Namun sivitas akademika UMY memiliki beberapa opsi untuk bisa mengakses teks lengkap dari skripsi, tesis, dan disertasi.

Cara Akses Database

Untuk bisa akses database yang dilanggan oleh Perpustakaan Nasional RI, kamu harus melakukan pendaftaran terlebih dulu dengan cara klik daftar, setelah itu baru kemudian klik tombol akses