Terakreditasi A

Perpustakaan Nasional RI

Cek Typo dan Voice Typing Google Docs

Facebook
Twitter
LinkedIn

Sobat perpustakaan pasti sudah tidak asing dengan “Google docs”. Google docs merupakan layanan yang memiliki kemiripan dengan aplikasi pengolahan kata “Microsoft word”. Terlihat serupa, namun keduanya tetap memiliki perbedaan antara satu dan lainnya.  Pada proses saat kita akan menyimpan file, microsoft word diperlukan pengaturan terlebih dahulu pada OneDrive backup atau dapat dengan melanggan Microsoft 365. Berbeda dengan Microsoft word, Google docs memiliki fitur yang secara update otomatis apabila terdapat konten baru. Keunggulan Google docs yang sering dimanfaatkan adalah fitur sharing document. Fitur ini memungkinkan antara satu orang dengan orang yang lain dapat mengakses file dokumen secara bersamaan.

Ternyata terdapat dua fitur Google docs lain yang jarang diketahui banyak orang. Fitur ini dapat dimanfaatkan sobat perpustakaan terutama untuk yang sedang mengerjakan tugas akhir, skripsi, atau tugas harian lainnya. Fitur yang pertama adalah untuk transkripsi audio menjadi teks. Sedangkan fitur yang kedua adalah untuk mengetahui terdapat atau tidak typo pada file dokumen sobat perpustakaan.

Langkah-langkah menggunakan fitur transkripsi audio menjadi teks:

  1. Pertama, sobat perpustakaan dapat mengaktifkan terlebih dahulu fitur ini dengan membuka file dokumen dan pilih Tools > Voice typing.
  2. Sobat perpustakaan dapat memilih bahasa sesuai dengan audio yang akan ditranskripsikan.
  3. Klik pada gambar mikrofon untuk memulai transkripsi. Transkripsi dapat dilakukan dengan memutar audio secara langsung di PC atau laptop yang sudah dilengkapi dengan speaker dan dapat juga dilakukan dengan memutar menggunakan device lain seperti handphone.

Langkah-langkah menggunakan fitur cek typo:

  1. Pertama, sobat perpustakaan dapat mengaktifkan terlebih dahulu fitur ini dengan membuka file dokumen dan pilih Tools > Spelling and Grammar.
  2. Saat muncul menu pop up, sobat perpustakaan pilih Check Spelling and Grammar.
  3. Menu pop up tersebut akan memberikan saran mengenai ejaan atau kata yang tepat. Kembali lagi ke sobat perpustakaan apakah saran yang diberikan fitur ini sudah sesuai dengan kata yang sobat perpustakaan inginkan atau sudah sesuai dengan KBBI.

More to explorer

Cara Akses Skripsi, Tesis dan Disertasi

Saat ini, Perpustakaan UMY hanya menyimpan skripsi, tesis, dan disertasi dalam bentuk soft file. Masyarakat umum hanya dapat mengakses halaman judul, abstrak, dan Bab I dari karya-karya tersebut. Namun sivitas akademika UMY memiliki beberapa opsi untuk bisa mengakses teks lengkap dari skripsi, tesis, dan disertasi.

Cara Akses Database

Untuk bisa akses database yang dilanggan oleh Perpustakaan Nasional RI, kamu harus melakukan pendaftaran terlebih dulu dengan cara klik daftar, setelah itu baru kemudian klik tombol akses