Terakreditasi A

Perpustakaan Nasional RI

Beasiswa Fellowship YSEALI 2024 Telah Dibuka, Tanpa Syarat TOEFL!

Facebook
Twitter
LinkedIn

Pendaftaran untuk program Beasiswa yang disponsori oleh Pemerintah Amerika Serikat , Young Southeast Asian Leaders Initiative (YSEALI) Academic Fellowship untuk periode Musim Gugur 2024, saat ini telah dibuka hingga 18 April 2024. YSEALI mencakup seluruh negara anggota ASEAN (Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam) dan terbuka untuk generasi muda berusia 18-35 tahun.  Fellowship ini akan fokus pada salah satu dari tiga tema: Keterlibatan Masyarakat, Isu Lingkungan, dan Kewirausahaan Sosial dan Pembangunan Ekonomi.

Beasiswa Akademik YSEALI merupakan program akademik jangka pendek intensif yang bertujuan untuk membekali  kaum muda secara lebih mendalam tentang Amerika Serikat dan tema tertentu, sekaligus meningkatkan keterampilan kepemimpinan mereka. Program intensif ini dilaksanakan selama lima minggu dengan berbagai agenda kegiatan, seperti  diskusi seminar, membaca, presentasi kelompok, dan kuliah, pengabdian masyarakat, dll.

Syarat Pendaftaran

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi pendaftar, antara lain:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) berusia antara 18-25 tahun pada saat melamar.
  2. Bukan warga negara AS atau penduduk tetap AS.
  3. Mahasiswa sarjana atau pascasarjana atau fresh graduate yang lulus dalam jangka waktu lima tahun dari 2024.
  4. Mahir berbahasa Inggris dalam artian mampu membaca, menulis, dan berbicara bahasa Inggris di dalam ruang kelas nantinya.
  5. Tidak diperlukan TOEFL, IELTS, atau skor tes lainnya. Kemampuan bahasa Inggris dievaluasi melalui formulir aplikasi dan wawancara dengan staf program YSEALI.
  6. Memenuhi syarat untuk menerima visa J-1 khusus program pertukaran pengunjung berbasis kerja dan studi ke Amerika Serikat yang disponsori oleh Departemen Luar Negeri AS.
  7. Memiliki minat, pengetahuan, atau pengalaman yang berkaitan dengan satu atau lebih dari tema YSEALI.
  8. Memiliki komitmen atau minat dalam pengabdian kepada masyarakat.
  9. Bersedia berpartisipasi aktif dalam program, kegiatan pengabdian masyarakat dan studi banding.
  10. Memiliki komitmen untuk kembali ke negara asalnya untuk menerapkan keterampilan yang telah didapatkan.
  11. Memiliki sedikit atau tidak pernah punya pengalaman menempuh pendidikan sebelumnya di AS

Pendaftaran Beasiswa YSEALI dibuka sampai  tanggal 18 April 2024, pukul 10.00 WIB. Jadi jangan kelewatan dan semoga beruntung ya! Link pendaftaran dapat diakses melalui link berikut https://bit.ly/3TQGVCs

Informasi lanjut bisa diakses melalui https://id.usembassy.gov/education-culture/yseali/

 

More to explorer

Komitmen: Kunci Utama Menuju Keberhasilan

Komitmen adalah sikap menyesuaikan diri dengan mantap pada sasaran yang akan dicapai oleh seseorang atau komunitas. Mereka yang komitmennya tinggi akan kelihatan

Cara Akses Database

Untuk bisa akses database yang dilanggan oleh Perpustakaan Nasional RI, kamu harus melakukan pendaftaran terlebih dulu dengan cara klik daftar, setelah itu baru kemudian klik tombol akses