Terakreditasi A

Perpustakaan Nasional RI

Assesment Re-Akreditasi Perpustakaan UMY

Facebook
Twitter
LinkedIn

Perpustakaan UMY dinyatakan terakreditasi A pada tahun 2014. Dan pada tanggal 16-17 Januari 2020 lalu  Perpustakaan Nasional RI melakukan Assesment Ulang/re-akreditasi. Asesor yang bertugas adalah Drs. Supriyanto MSI dan Drs. B. Mustafa, M.Lib. Para asesor melakukan check terhadap borang dan lapangan.

Pada kesempatan tersebut, Rektor UMY  Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, MP dalam sambutannya menyampaikan bahwa perpustakaan melakukan inovasi-inovasi disesuaikan dengan permintaan mahasiswa, seperti speed internet yang tinggi, kantin dan kafe serta kursi yang millenial. Penyesuaian tersebut sangat sesuai dengan program daring UMY, sehingga kelak mahasiswa akan mengerjakan tugas dan belajar tidak hanya di ruang kelas tetapi di semua sudut UMY terutama perpustakaan.

Dalam Laporan Kepala Perpustakaan, Drs. Lasa HS. MSi juga menyampaikan bahwa perkembangan perpustakaan UMY sekarang ini karena dukungan pimpinan Universitas yang sangat tinggi. “Kini perpustakaan berkolaborasi dengan sistem pendidikan dan pengajaran UMY dengan lebih komprehensif, seperti contohnya pelatihan literasi informasi yang kini telah masuk dalam sebagian besar kurikulum mata kuliah metodologi penelitian di UMY”, imbuhnya.

Beberapa saran dan masukan untuk perpustakaan UMY diharapkan dapat ditindak lanjuti agar kedepannya perpustakaan UMY semakin baik lagi, seperti pintu darurat, peminjaman mandiri, bookdrop, petunjuk arah dll, ungkap Supriyanto dalam penutupan assesmen re akreditasi perpustakaan UMY ini. Mustafa menambahkan bahwa dengan melihat kondisi perpustakaan UMY ini, sebagai asesor pada tahun 2014, perubahannya sangat signifikan, dan layak untuk menjadi tempat studi banding perpustakaan lain.

Alhamdulillah, semoga mendapatkan hasil yang maksimal dan barokah. Aamiin

More to explorer

Cara Akses Skripsi, Tesis dan Disertasi

Saat ini, Perpustakaan UMY hanya menyimpan skripsi, tesis, dan disertasi dalam bentuk soft file. Masyarakat umum hanya dapat mengakses halaman judul, abstrak, dan Bab I dari karya-karya tersebut. Namun sivitas akademika UMY memiliki beberapa opsi untuk bisa mengakses teks lengkap dari skripsi, tesis, dan disertasi.

Cara Akses Database

Untuk bisa akses database yang dilanggan oleh Perpustakaan Nasional RI, kamu harus melakukan pendaftaran terlebih dulu dengan cara klik daftar, setelah itu baru kemudian klik tombol akses