Terakreditasi A

Perpustakaan Nasional RI

Cara Memperbaiki Error Pada Daftar Isi

Facebook
Twitter
LinkedIn

Bagi mahasiswa yang akan melakukan Bebas Pustaka maka wajib mengunggah karya tulis ilmiahnya berupa tugas akhir/skripsi/tesis/disertasi. Tugas akhir tersebut harus dipisah perbab sesuai dengan ketentuan berikut :

Pada poin ke dua mahasiswa harus mencantumkan daftar isi, nah biasanya pada poin itu ada beberapa mahasiswa yang mengalami error pada penulisan daftar isi. Lalu bagaimana solusinya :

  1. Tugas akhir tidak boleh dipisah terlebih dahulu, namun harus dijadikan satu dalam bentuk word, mulai dari cover sampai lampiran
  2. Buat daftar isi otomatis
  3. Klik save as dalam bentuk word
  4. Klik save as dalam bentuk pdf

Langkah berikutnya setelah anda mempunyai file tugas akhir full text (mulai dari cover sampai lampiran) dalam bentuk pdf, maka kemudian anda harus memotong pdf tersebut mulai dari cover sampai daftar isi. Memotong pdf diistilahkan sebagai split pdf.

Kemudian  ketikkan di google split pdf online, maka anda akan menemukan beberapa web yang dapat digunakan untuk memotong pdf. Misalnya kita akan menggunakan yg dari small pdf, maka langkahnya yaitu :

  1. Akses ke https://smallpdf.com/split-pdf
  2. Klik choose files, pilih file pdf yang akan dipotong
  3. Klik Extract pages
  4. Tandai halaman yang akan dipotong
  5. Klik extract
  6. Klik Download

More to explorer

Cara Akses Skripsi, Tesis dan Disertasi

Saat ini, Perpustakaan UMY hanya menyimpan skripsi, tesis, dan disertasi dalam bentuk soft file. Masyarakat umum hanya dapat mengakses halaman judul, abstrak, dan Bab I dari karya-karya tersebut. Namun sivitas akademika UMY memiliki beberapa opsi untuk bisa mengakses teks lengkap dari skripsi, tesis, dan disertasi.

Cara Akses Database

Untuk bisa akses database yang dilanggan oleh Perpustakaan Nasional RI, kamu harus melakukan pendaftaran terlebih dulu dengan cara klik daftar, setelah itu baru kemudian klik tombol akses